Breaking News:

Yogyakarta

Empat Personel Polda DIY Donorkan Plasma Darahnya untuk Pasien Covid-19

Empat polisi dari Polda DIY yang merupakan siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 49 mendonorkan plasma darahnya yang digunakan untuk penyembuh

TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Empat polisi dari Polda DIY yang merupakan siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 49 mendonorkan plasma darahnya yang digunakan untuk penyembuhan bagi pasien Covid-19 pada Rabu (8/7/2020) di RSUP Dr Sardjito. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Empat polisi dari Polda DIY yang merupakan siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 49 mendonorkan plasma darahnya yang digunakan untuk penyembuhan bagi pasien Covid-19  pada Rabu (8/7/2020) di RSUP Dr Sardjito.

Mereka adalah Agung Untoro, Dani Hasan, Dwi Jaka dan Riyanto.

Empat siswa SIP tersebut sebelumnya telah terpapar virus Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh setelah dilakukan beberapa kali tes dan hasilnya negatif.

Setelah sembuh, empat siswa SIP ini berinisiatif untuk mendonorkan plasma darahnya agar bisa membantu pasien lain yang sedang terpapar Covid-19.

Kepala Unit Transfusi Pelayanan Darah RSUP Dr Sardjito Dr Teguh Triyono dr MKes SpPK(K) mengungkapkan pasien yang akan mendonorkan plasma darahnya harus dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan harus berbas dari gejala selama 14 hari kemudian.

Bantu Temukan Vaksin, Sekte Shincheonji Berikan Plasma Darah Pasien yang Sembuh dari Virus Corona

"Kita lakukan pemeriksaan standar untuk donor, kemudian di swab ulang, semuanya Alhamdulillah hasilnya negatif. Barulah kita putuskan sebagai donor," ungkap dia.

Teguh menjelaskan pengambilan plasma darah ini menggunakan metode khusus donor apheresis di mana dengan metode ini hanya mengambil bagian plasma darahnya, tidak mengambil darah pendonor secara keseluruhan.

"Tidak mengambil sel eritrosit atau sel trombosit, hanya plasmanya diambil 400 ml," paparnya

Dalam satu siklus, darah pendonor akan diambil dan dipisahkan antara plasma darah dan sel darahnya.

Plasmanya akan ditampung dalam kantong tertentu, kemudian sel darahnya akan dikembalikan ke tubuh pendonor.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved