Breaking News:

Yogyakarta

126 Warga DIY Beruntung Dapatkan SIM Gratis di HUT Bhayangkara ke 74

Pemberian SIM gratis tersebut hanya berlaku untuk warga masyarakat DIY yang beruntung karena lahir pada 1 Juli.

Dokumentasi Ditlantas Polda DIY
Pemberian secara simbolis program SIM gratis oleh Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasatya kepada masyarakat, Rabu (1/7/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Miftahul Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hingga Rabu (1/7/2020) sore, sudah ada 126 Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diberikan secara gratis oleh Direktorat Jendral Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY.

Pemberian SIM gratis tersebut hanya berlaku untuk warga masyarakat DIY yang beruntung karena lahir pada 1 Juli, atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, program pembuatan SIM gratis ini diberikan kepada 111 pemohon dari Polres jajaran di Polda DIY.

HUT Bhayangkara ke-74, Polres Gunungkidul Terbitkan SIM Gratis

Ia mengatakan, kebijakan pemberian SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

"Dalam telegram itu disebutkan pelayanan dilakukan di Satpas seluruh Indonesia. Jadi semua serentak," katanya, kepada Tribunjogja.com, Rabu (1/7/2020).

Agus menambahkan, pemberian SIM secara simbolis pun digelar oleh jajaran Ditlantas Polda DIY yang bertempat di gedung Anton Soejarwo, Polda DIY, Rabu pagi.

Rinciannya, lanjut Agus, Polres Gunungkidul  10 SIM baru terdiri SIM A 1 orang SIM dan C  9 orang, Polres  Bantul  29 SIM baru  terdiri SIM A  8 , SIM C  9, kota Yogyakarta 19 terdiri SIM baru dan perpanjangan. 

BREAKING NEWS : Update Covid-19 DIY 1 Juli 2020, Positif Bertambah 1 Kasus

SIM A 2, C 3, perpanjangan SIM A  4, dan C 10, Polres Sleman 32 SIM baru, terdiri dari SIM A 6 dan C 26, Polres Kulonprogo SIM baru 21 terdiri dari SIM A 5 dan SIM C16. 

Sehingga jumlah keseluruhan pelayanan SIM gratis di semua jajaran, baik SIM A maupun C 126.

 "Kami menyadari peringatan HUT Bhayangkara ke 74 di masa pandemi Covid-19 seperti ini merupakan situasi sulit yang tidak menentu. Kehidupan masyarakat pun terdampak. Termasuk gerak di dalamnya mengenai lalu lintas," imbuhnya.

Ia menyampaikan, program pembuatan SIM gratis kali ini merupakan wujud syukur kepolisian, dalam hal melayani dan mengayomi masyarakat.

"Selain itu, selama masa pandemi Covid-19 Ditlantas Polda DIY juga mendukung penuh program-program pemerintah dalam hal penanggulangan Covid-19 di DIY," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved