Bantul

Nakes Penanganan Covid-19 di Bantul Belum Menerima Insentif dari Pemerintah Pusat

Insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) yang berada di garda depan penanganan Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati Bantul tak kunjung turun.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) yang berada di garda depan penanganan Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati Bantul tak kunjung turun.

Padahal, insentif sudah dijanjikan pemerintah pusat, sejak virus corona mulai mewabah di seantero tanah air.

Humas RSUD Panembahan Senopati, Siti Rahayuningsih mengatakan, pihaknya telah mengajukan pencairan insentif tersebut pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Namun, sampai sejauh ini, rumah sakit plat merah itu belum juga mendapat konfirmasi dari yang bersangkutan.

"Belum cair, kita sudah usulkan, tapi belum ada yang cair. Yang kita usulkan itu kan selama tiga bulan. Jadi, rata-rata Rp 1,5 miliar, sampai Rp 2 miliar. Sampai sejauh ini belum ada konfirmasi dari pusat ya," terangnya, saat dikonfirmasi pada Selasa (30/6/2020).

Pemkab Bantul Penuhi Target, Sehari Tembus 4.024 Akseptor KB

Siti pun berujar, terdapat 200 nakes di RSUD Panembahan Senopati, meliputi dokter, hingga perawat, yang bertugas menangani pasien Covid-19.

Menurutnya, petugas yang ditunjuk itu, mengemban tugas jaga, entah di Instalasi Gawat Darurat, atau ruang perawatan Covid-19.

Walau begitu, ia mengungkapkan, kinerja nakes di rumah sakitnya sama sekali tidak terpengaruh dengan insentif yang tak kunjung turun itu.

Akan tetapi, pihaknya tetap berharap, supaya insentif yang sudah dijanjikan oleh pemerintah pusat, bisa segera direalisasikan.

"Teman-teman nakes tetap kerja seperti biasa ya, selalu pegang komitmen untuk penamganan Covid-19. Jadi, itu tidak terlalu dipikirkan. Kalau berharap, ya wajar. Tetapi, ketika on duty, kerja, tetap tidak menurunkan kualitas pelayanannya," terang Siti.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja pun membenarkan problem belum turunnya dana dari pemerintah pusat itu.

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved