Breaking News:

Pemkab Bantul Penuhi Target, Sehari Tembus 4.024 Akseptor KB

Pemkab Bantul Penuhi Target, Sehari Mampu Tembus 4.024 Akseptor KB dari Target 1.469

ist
keluarga berencana kb_ 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan program layanan sejuta akseptor KB serentak seluruh Indonesia untuk memperingati hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020.

Dalam layanan tersebut, Kabupaten Bantul mendapatkan target sebesar 1.469 akseptor.

Selama satu hari layanan hingga Senin (29/6/2020) sore, target tersebut mampu dilampaui.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) Bantul mencatat, layanan keluarga berencana (KB) yang terdata dipelbagai layanan kesehatan mencapai 4.024 akseptor.

"Layanan untuk sejuta akseptor, kita bisa memenuhi target. Bantul targetnya 1.469. Estimasi yang bisa terlayani 4.024 akseptor," kata Kepala DPPKBPMD Bantul, Sri Nuryanti, seusai menghadiri peringatan hari keluarga Nasional (Harganas) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Markas Kodim 0729 Bantul, Senin (29/6/2020)

Tingginya capaian akseptor KB di Kabupaten Bantul, dikatakan Sri Nuryanti, tidak lepas dari bantuan dan kerjasama sejumlah pihak.

Sri Sultan Hamengku Buwono X Minta BKKBN Siapkan Strategi Baru untuk Atasi Masalah Kependudukan

Peringatan Hari Keluarga Nasional, BKKBN DIY Targetkan 8.150 Akseptor KB

Terutama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Kodim 0729/Bantul.

Menurut dia, layanan keluarga berencana biasanya hanya diterima melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (puskemas) dan rumah sakit.

Namun, saat ini dapat diterima juga melalui praktek bidan mandiri (PMB) yang tersebar di 10 titik. Termasuk support melalui klinik pratama Kartika Kodim Bantul.

Masyarakat bisa menggunakan pelbagai layanan KB, di antaranya, KB spiral atau KB IUD (intrauterine device), suntik, implan, maupun KB dengan metoda operasi pria (MOP) dan metoda operasi Wanita (MOW) atau biasa disebut vasektomi. Ada juga layanan pil ulang dan kondom. (Tribunjogja/Ahmad Syarifudin)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Hari Susmayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved