Breaking News:

Hotline

Ditlantas Polda DIY Tambah Masa Perpanjangan SIM hingga 31 Juli

Dispensasi perpanjangan SIM diberikan pemohon yang habis masa berlakunya mulai 24 Maret sampai 31 Juni.

pekanbaru.tribunnews.com
Ilustrasi: Surat Izin Mengemudi (SIM) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Miftahul Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemberian dispensasi perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diberikan Direktorat Jendral Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tinggal satu bulan ke depan.

Pasalnya, setelah berakhir pada 31 Juli mendatang, pemohon perpanjangan SIM sudah tidak dapat lagi menikmati dispensasi tersebut.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, dispensasi perpanjangan SIM diberikan pemohon yang habis masa berlakunya mulai 24 Maret sampai 31 Juni.

Ia menyampaikan, bagi pemegang SIM yang masa berlakunya berakhir pada 30 Juni, dan tidak melakukan perpanjang sampai 31 Juli, maka diberikan proses penerbitan baru.

Satpas Polresta Yogyakarta Perpanjang Masa Pengurusan SIM Dispensasi

"Itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri yang diterbitkan pada 9 Juni kemarin. Tentang pemberian dispensasi perpanjangan SIM," katanya, Selasa (30/6/2020).

Agus menambahkan, kebijakan tersebut sangatlah membantu.

Pemberian dispensasi perpanjangan SIM diharapkan dipahami oleh masyarakat.

Selain toleransi waktu bagi pemohon, Ditlantas DIY juga tidak berlakukan penilangan apabila ditemukan pemegang SIM yang habis masa berlakunya selama dispensasi tersebut masih berjalan.

"Setelah batas tanggal yang kami tentukan, semua akan kembali seperti biasa lagi. Termasuk penindakan pelanggaran dan sebagainya. Tapi tetap menyesuaikan kondisi," imbuh Agus.

Halaman
12
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved