Yogyakarta

Ditlantas Polda DIY Dukung Target Pemutihan Kendaraan Jip Wisata

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, secara prinsip pihaknya mendukung usulan Pemda DIY terkait pen

Dokumentasi Pribadi
Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Miftahul Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rencana pemutihan pajak kendaraan jenis jip di DIY mendapat dukungan dari Direktorat Jendral Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY.

Hal itu perlu ditekankan lantaran selama ini, kejelasan administrasi kendaraan jip tersebut dinilai oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum sepenuhnya diterapkan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, secara prinsip pihaknya mendukung usulan Pemda DIY terkait penertiban pajak kendaraan wisata tersebut.

Siap-siap, Pelaku Jip Wisata di DIY Wajib Lakukan Pemutihan dan Wajib Pajak

Ia juga mengaku siap dalam pelaksaan administrasi faktur pajak yang baru, apabila pemilik Jeep tersebut mematuhi aturan yang diberlakukan Pemda DIY.

"Kami pihak kepolisian sangat mendukung. Karena ini kaitannya dengan pendapatan Bea Balik Nama kendaraan, Ditlantas siap memfasitasi," katanya, Selasa (30/6/2020).

Agus menambahkan, pengurusan administrasi kendaraan diperlukan supaya ketika ada kejadian yang tidak diinginkan, pemilik kendaraan mendapat kesetaraan hak dalam penyelesaian masalah lalu lintas.

Mencari Solusi Turunnya Omzet Jip Wisata

Misalnya, ketika terjadi kecelakan atau hal membahayakan lainnya, apabila pajak kendaraan dan juga administrasi lainnya tidak diurus, maka dalam penyelesaian persoalan kecelakaan akan lebih sulit.

"Apalagi jip ini kan kendaraan umum bagi wisatawan, harus didukung dengan keamanan administrasi dan lain-lain," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved