Ganjar: Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Jadi Kunci untuk Bangkit dari Corona

Hari Lahir Pancasila tahun ini, yang masih dalam situasi Pandemi jadi senjata pamungkas yang dimiliki bangsa ini bisa benar-benar diterapkan

IST
Ganjar Pranowo 

TRIBUNJOGJA.COM, SEMARANG - Hari Lahir Pancasila yang tepat diperingati pada hari ini, Senin (1/6/2020) diharap jadi batu loncatan agar bangsa ini bangkit dan melakukan lompatan tinggi dalam penanganan Pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Senin (1/6/2020).

Karena masih dalam situasi Pandemi, upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pun digelar secara virtual.

"Dari sisi perayaan tentu sangat sederhana dan cepat. Penuh nuansa yang berbeda karena kita sedang mengalami Pandemi COVID-19 ini," kata Ganjar.

Namun menurut Ganjar, pelaksanaan upacara yang diikuti oleh seluruh kepala lembaga negara, menteri dan gubernur serta bupati/walikota seluruh Indonesia justru jadi pemantik semangat yang lebih besar untuk melawan Corona.

"Ada semangat yang kita bangun dan ini persis semangat Pancasila, di mana kita diminta untuk, ya hari ini saatnya kita membuktikan nilai-nilai Pancasila itu ada," kata Ganjar.

Dalam konteks penanganan Pandemi COVID-19, Ganjar Pranowo mengatakan Pancasila sejak awal dikumandangkan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, telah memiliki ajaran inti, yaitu gotong royong.

"Nah hari ini sebenarnya kita sedang membuktikan kemampuan bangsa untuk bisa gotong royong dan bangkit dari situasi Pandemi COVID-19 ini untuk melompat lebih tinggi lagi," katanya.

Menurut Ganjar, sudah sepatutnya di peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, yang masih dalam situasi Pandemi senjata pamungkas yang dimiliki bangsa ini bisa benar-benar diterapkan. 

Secara inti ajaran maupun pemaknaan dari setiap sila-nya.

Halaman
12
Editor: Ikrob Didik Irawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved