Pendidikan

Calon Siswa yang Tidak Diterima KKO Bisa Mengikuti PPDB Reguler

Ada delapan SMAN di DIY yang membuka Kelas Khusus Olahraga (KKO) pada PPDB daring atau online jenjang SMAN di DIY.

internet
ilustrasi PPDB 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Didik Wardaya mengatakan calon peserta didik yang tidak diterima Kelas Khusus Olahraga (KKO) dapat mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) reguler.

Sedangkan calon peserta didik yang telah diterima pada KKO tidak dapat mengikuti PPDB reguler.

"Kalau tidak diterima itu otomatis bisa mendaftar PPDB reguler. Sedangkan yang sudah diterima datanya dikunci tidak bisa daftar lagi," kata dia, Jumat (29/5/2020).

Didik mengungkapkan ada delapan SMAN di DIY yang membuka Kelas Khusus Olahraga (KKO) pada PPDB daring atau online jenjang SMAN di DIY.

PPDB 2020, Pengurusan Penambahan Nilai Prestasi Dilakukan Secara Online pada 2-5 Juni 2020

Rincian delapan sekolah tersebut yakni SMAN 4 Yogyakarta satu kelas dengan daya tampung 36 siswa, SMAN 1 Sewon dua kelas dengan daya tampung 72 siswa, SMAN 1 Pengasih satu kelas dengan daya tampung 36 siswa dan SMAN 1 Lendah satu kelas dengan daya tampung 36 siswa.

Selain itu, SMAN 1 Tanjungsari tiga kelas dengan daya tampung 108 siswa, SMAN 2 Playen satu kelas dengan daya tampung 36 siswa, SMAN 1 Seyegan satu kelas dengan daya tampung 36 siswa, SMAN 2 Ngaglik satu kelas dengan daya tampung 36 siswa.

Adapun total daya tampung yang disiapkan untuk KKO yakni sebanyak 396 kursi.

KKO diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga atau memiliki prestasi kejuaraan di bidang olahraga.

PPDB Kelas Khusus Olahraga Dibuka 29 Mei

"Khusus bagi yang berbakat di bidang olahraga. Karena ada proses pencarian bakat sehingga (tes bakat) dilakukan dengan cara offline. Sekolah kerja sama dengan FIK untuk melihat bakat anak tersebut prestasi anak tersebut," terangnya.

Pelaksanaan seleksi diserahkan pada masing-masing sekolah penyelenggara KKO dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan, pencegahan, dan penanggulangan Covid-19.

Didik menjelaskan, penerimaan calon peserta didik KKO didasarkan pada nilai akhir seleksi (tes bakat olahraga sebanyak 65 persen + nilai prestasi di bidang olahraga 20 persen + nilai gabungan 15 persen.

Pendaftaran 11-13 Mei 2020, tes bakat olahraga akan dilakukan pada 2, 3, 4, 6, dan 8 Juni 2020, penyerahan surat keterangan lulus pada 9-10 Juni 2020, seleksi pada 15-16 Juni 2020, pengumuman 17 Juni 2020 dan daftar ulang pada 17-18 Juni 2020. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved