Kulon Progo

82 Warga Kulon Progo Harus Lewati Idulfitri di Shelter Karantina

Mereka terpaksa melewati hari yang acapkali digunakan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga tersebut di shelter ataupun lokasi pelaksanaan ka

Istimewa
Salah satu pelaku perjalanan yang melaksanakan isolasi mandiri di Kulon Progo 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebanyak 82 warga di Kulon Progo terpaksa harus melewati Idulfitri 1441 Hijriah dengan suasana yang berbeda.

Mereka terpaksa melewati hari yang acapkali digunakan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga tersebut di shelter ataupun lokasi pelaksanaan karantina mandiri.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Kulon Progo, Yohanes Irianta, Senin (25/5/2020) menyampaikan bahwa ke 82 warga tersebut merupakan pelaku perjalanan yang tiba di Kulon Progo.

Beginilah Suasana Idulfitri Hari ke-2 di Satu Area di Kulon Progo

"Mereka tersebar di 11 Kapanewon di Kulon Progo. Yang laki-laki ada 69 orang sementara yang Perempuan ada 13 orang," katanya.

Lanjutnya, walaupun di Hari Raya, mereka belum diizinkan pulang ke rumah maupun menuju tempat tujuannya lantaran harus menunggu selesainya masa karantina selama 14 Hari.

Dia juga menjelaskan bahwa saat ini menurut catatan Dinsos PPPA, Kulon Progo memiliki 345 shelter yang mampu menampung 1.911 Pelaku perjalanan yang tersebar di 12 Kapanewon dan satu rusunawa.

Bupati Kulon Progo Apresiasi Masyarakat yang Laksanakan Salat Idul Fitri di Rumah

"Sekarang yang menggunakan fasilitas ini hanya 82 orang," ungkapnya.

Menurutnya dari awal pencatatan dilaksanakan hingga saat ini, total Pelaku perjalanan di Kulon Progo mencapai 5.986 orang.

"Tidak semua menggunakan fasilitas shelter karantina itu. Banyak yang memilih melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing," tambahnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved