Breaking News:

Lebaran 2020

Masyarakat Sekitar Hadiri Salat Id di Masjid Agung Sleman

Ratusan masyarakat hadiri Salat Id di Masjid Agung Sleman, Minggu (24/5/2020). Mereka yang datang adalah masyarakat yang berada di sekitar Masjid Agu

Istimewa
Ratusan masyarakat hadiri Salat Id di Masjid Agung Sleman, Minggu (24/5/2020). Mereka yang datang adalah masyarakat yang berada di sekitar Masjid Agung Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Ratusan masyarakat hadiri Salat Id di Masjid Agung Sleman, Minggu (24/5/2020).

Mereka yang datang adalah masyarakat yang berada di sekitar Masjid Agung Sleman.

Takmir Masjid Agung Sleman Aghaerul menjelaskan sekitar 600 orang jamaah yang merupakan warga sekitar hadir dalam Salat Id kali ini.

Tentu saja ini jauh lebih sedikit dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya.

"Alasan tetap dilaksanakan Salat Id di Masjid Agung adalah untuk memfasilitasi masyarakat yang merasa kurang mantab melaksanakan salat di rumah," ujarnya.

Keraton Yogyakarta Bagikan Ubarampe Gunungan 1 Sawal

Namun demikian, ia mengapresiasi masyarakat yang melaksanakan Salat Id di rumah karena sudah menerapkan anjuran pemerintah.

Sedangkan bagi mereka yang hadir di Masjid Agung, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan.

Jemaah yang datang diukur suhu badannya, diwajibkan membawa masker, membawa peralatan ibadah sendiri, bersuci dari rumah, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Adapun imam salat Id oleh H. Charis Thohari dan khotib Prof DR. H. Abdul Mustakim dari UIN Yogyakarta.

Dalam khotbahnya khotib mengingatkan kepada jamaah dalam suasana lebaran ini untuk dapat mengikuti anjuran pemerintah dan menciptakan suasana yang kondusif di masyarakat.

Sebagian Besar Mesjid di Gunungkidul Tak Laksanakan Salat Id

"Kita hendaknya dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat dalam situasi sekarang ini, dapat memberikan kesejukan suasana, memberikan saran yang membangun demi kebaikan bersama dan memberikan dukungan serta apresiasi kepada pemerintah yang telah bekerja keras mengatasi wabah covid-19," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved