Gunungkidul

Petani Belum Panen Sebabkan Harga Bawang Merah di Gunungkidul Melonjak

Harga sejumlah komoditas bahan pokok dilaporkan meningkat jelang Hari Raya Idul Fitri kali ini. Salah satu kenaikan yang mencolok terjadi pada bawang

TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Bawang merah di salah satu kios pedagang Pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Harga sejumlah komoditas bahan pokok dilaporkan meningkat jelang Hari Raya Idul Fitri kali ini. Salah satu kenaikan yang mencolok terjadi pada bawang merah serta telur ayam.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Johan Eko menjelaskan kenaikan bawang merah dikarenakan pasokan saat ini sedang terbatas.

"Berdasarkan pantauan kami, petani belum panen sehingga memicu lonjakan harga," jelas Johan dihubungi pada Kamis (21/05/2020).

Jelang Lebaran, Harga Bawang Merah Hingga Daging Ayam di Gunungkidul Merangkak Naik

Masalah keterbatasan pasokan ini juga diungkapkan oleh Ross (62), pedagang sembako di Pasar Argosari, Wonosari. Berdasarkan informasi dari pemasok, saat ini banyak petani yang belum memanen bawang merah.

Ross juga menyebut stok dari pemasok juga agak berkurang sejak seminggu terakhir. Akibatnya harga di pasaran melonjak ke kisaran Rp 38 ribu hingga Rp 44 ribu.

"Biasanya untuk bawang merah diambil dari Bantul dan Brebes, Jawa Tengah," ungkap Ross.

Guru Datangi Pelajar, Disdikpora Gunungkidul Akan Beri Apresiasi

Meski sejumlah bahan pokok mengalami peningkatan harga, Johan menyebut secara keseluruhan harga komoditas bahan pokok sampai saat ini tergolong stabil.

Penurunan harga secara simultan juga mulai terjadi pada gula pasir.

Sebelumnya, harga gula pasir sempat menyentuh level Rp 20 ribu per kilogram di pasaran. Operasi Pasar yang digelar sampai dua kali beberapa waktu lalu rupanya turut memicu penurunan harga.

"Saat ini pasokan gula pasir impor mulai masuk, sehingga harga mulai turun ke kisaran Rp 16 ribu per kilogram," jelas Johan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved