Breaking News:

BKKBN Prediksi Terjadi 420.000 Kehamilan Baru Selama Wabah Covid-19 di Indonesia

Ketika dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19, Indonesia dikabarkan menghadapi ledakan kehamilan baru.

Editor: Joko Widiyarso
WALLACE ANTHONY / AFP
Seorang wanita hamil mengenakan masker sebagai tindakan pencegahan berjalan melewati mural jalanan di Hong Kong, pada tanggal 23 Maret 2020, setelah Kepala Eksekutif kota mengumumkan rencana untuk sementara waktu melarang penjualan alkohol di bar dan restoran sebagai langkah untuk membantu menghentikan penyebaran COVID-19 yang disebabkan oleh coronavirus novel. Hong Kong akan melarang semua non-penduduk memasuki kota mulai tengah malam pada 24 Maret 2020 dalam upaya untuk menghentikan virus corona, kata pemimpinnya, ketika ia mengungkap rencana untuk menghentikan restoran dan bar yang menyajikan alkohol. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ketika dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19, Indonesia dikabarkan menghadapi ledakan kehamilan baru.

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN), Selasa (19/5/2020), ada lebih dari 400.000 kehamilan tak direncanakan.

Selama dilangsungkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran Covid-19, sejumlah klinik kesehatan dan kandungan ditutup.

Menurut BKKBN, hal ini membuat masyarakat sulit mengakses alat kontrasepsi.

"Banyak juga orang yang mematuhi peraturan pemerintah untuk tinggal di rumah kecuali ada keadaan darurat yang mengharuskan ke luar rumah," kata Hasto Wardoyo, kepala BKKBN.

Pejalan kaki melintas di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Pemerintah telah resmi menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.
Pejalan kaki melintas di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Pemerintah telah resmi menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

"Saya kira banyak orang tidak menggunakan alat kontrasepsi dalam keadaan ini," imbuhnya.

Dengan penambahan angka kehamilan itu, di awal tahun depan mungkin ada lebih dari 420.000 bayi baru lahir.

Ramalan Zodiak Besok Kamis 21 Mei 2020, Prediksi Peruntungan 12 Horoskop Jelang Akhir Pekan Esok

Hikmah Ramadan: Iktikaf di Rumah Saja

Perkiraan angka itu didasarkan pada 10 persen dari 28 juta keluarga mengalami kesulitan dalam mengontrol kelahiran.

Padahal seperti kita tahu, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

Diberitakan Kompas.com 8 Januari 2020, Badan Pusat Statistik memproyeksi pada 2020 ini jumlah penduduk Indonesia akan meningkat sebanyak 271.066.000 jiwa.

Ilustrasi hamil
Ilustrasi hamil (dok)
Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved