Pendidikan

Mahasiswa UNY Permudah Siswa Belajar Matematika dengan Media Andalan

Media atau alat peraga diharapkan dapat digunakan untuk membantu kemampuan pola pikir siswa, pemahaman konsep, dan pembinaan keterampilan.

istimewa
Para siswa sedang belajar perkalian dan pembagian dengan bermain Media Andalan. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Matematika sering kali dicap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membuat pusing. 

Padahal matematika akan sangat menyenangkan jika dipelajari dengan sebagaimana mestinya. 

Namun sayangnya, masih ada siswa yang ketinggalan dalam menangkap materi dari maksud perkalian dan pembagian sehingga dibutuhkan sebuah media yang mampu membantu dan memperlancar proses pembelajaran. 

Media atau alat peraga diharapkan dapat digunakan untuk membantu kemampuan pola pikir siswa, pemahaman konsep, dan pembinaan keterampilan. 

Berawal dari keprihatinan ini mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY membantu guru kelas 2 SD untuk mengajarkan perkalian dan pembagian dengan menggunakan media dalam bentuk buah-buahan yang dinamakan Media Andalan. 

Mahasiswa UNY Olah Limbah Pisang Ambon Jadi Tepung Pektin

Mereka adalah Sri Maya Januar Siamti, Hani Widya Putri dan Ar-Royan Zainul Akbar.

Sri Maya Januar Siamti mengatakan Media Andalan dirancang untuk membantu siswa dalam memahami konsep dasar perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika

“Peran Media Andalan diharapkan dapat memberi pemahaman siswa secara menyeluruh pada sub-bab perkalian dan pembagian sehingga dapat melanjutkan pembahasan sub-bab berikutnya tanpa ada masalah pada perkalian dan pembagian,” katanya, Kamis (14/5/2020).

Hani Widya Putri menambahkan media ini menjadi satu di antara solusi dimana media ini bisa digunakan untuk memecahkan masalah perkalian dan pembagian dengan cara memperagakan tentang bagaimana suatu bilangan itu dikali dan dibagi.

"Siswa diharapkan dapat mengetahui secara pasti atau konkretnya mengenai asal mula terhitungnya hasil dari suatu perkalian dan pembagian," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved