Breaking News:

Ramadan 2020

Salat Berjamaah Secara Virtual Online Menurut Pakar Agama

Menurut pandangan dari Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Achmad Dahlan LC.,MA mengatakan, Salat jamaah tida

Mina News
Bulan Ramadan 2020 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Adanya pandemi Covid-19 sekarang ini membuat beberapa kegiatan keagamaan di masjid harus ditiadakan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Terutama dalam menjalankan ibadah seperti salat berjamaah.

Dengan ditiadakannya salat berjamaah di masjid, kemungkinan terdapat masyarakat yang melakukan salat jamaah secara virtual online.

Namun, terdapat beberapa pandangan dari pakar agama mengenai salat jamaah yang dilakukan secara virtual online.

Menurut pandangan dari Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Achmad Dahlan LC.,MA mengatakan, Salat jamaah tidak boleh dilakukan secara virtual online.

Niat dan Tata Cara Sholat Ied di Rumah serta Aturan Khutbah

"Salat jamaah disyariatkan agar umat Islam berkumpul dan memakmurkan masjid. Jika dilakukan secara online, maka masjid akan kehilangan fungsinya dan Islam akan kehilangan syiarnya," ujarnya Selasa (12/5/2020).

Adapun pada saat merebaknya pandemi Covid-19 sekarang ini, salat jamaah dapat dilakukan dengan mengikuti fatwa para ulama untuk melaksanakan salat dirumah.

"Jika sendirian bisa dilakukan sendiri, jika ada keluarga atau orang lain maka dapat dilakukan berjamaah dengan mereka," ucapnya.

Seseorang yang sudah melakukan salat berjamaah secara virtual online maka salatnya sah tetapi pahalanya bernilai salat sendirian bukan salat berjamaah.

Halaman
12
Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved