Breaking News:

Wabah Corona

Kagama Adakan Training Relawan Pendamping Psikologis Covid-19

Kagama bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UGM menyelenggarakan Training Online relawan Sahabat Pendamping Covid-19 atau Covid Peer Support.

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Ari Nugroho
IST
Ketua Umum Kagama, Ganjar Pranowo, saat memberikan sambutan dalam training online "Sahabat Pendamping Covid, Covid Peer Support" Kagama. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Pengurus Pusat (PP) Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UGM menyelenggarakan Training Online relawan Sahabat Pendamping Covid-19 atau Covid Peer Support.

Kegiatan training online ini dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni 30 April, 2 Mei, dan 9 Mei 2020.

Adapun peserta berasal dari anggota Kagama sendiri dari 24 pengurus daerah (Pengda) Kagama dan berjumlah 100 orang lebih.

Program ini dirancang agar anggota Kagama di seluruh wilayah dapat berpartisipasi dalam penanganan Covid-19, tidak hanya yang sifatnya teknis, tetapi juga psikologis.

UPDATE Virus Corona Seluruh Dunia 6 Mei 2020, Berikut Daftar 20 Negara dengan Angka Kasus Tertinggi

Drajat Wibawa, Ketua Panitia Training Online bertajuk “Sahabat Pendamping Covid, Covid Peer Support” ini mengatakan selama ini Kagama memiliki tim yang cukup komprehensif, sehingga bisa saling membantu, berkonstribusi, dan bekerjasama.

“Dengan kegiatan ini kami harap peran Kagama bisa semakin lekat. Partisipasi dari para anggota sangat ramai, ini bisa menjadi modal kita untuk berkembang,” ujarnya.

Dekan Fakultas Psikologi UGM, Prof Faturochman pun menyambut baik inisiatif dari Kagama ini.

Ia mengatakan di masa pandemi Covid-19 masalah psikologis dapat dialami oleh berbagai kalangan dan jumlahnya tidak sedikit.

“Ketika Covid-19 mulai marak itu banyak laporan masuk kepada saya bahwa banyak mahasiswa yang mengalami masalah psikologis. Di lingkungan akademis saja seperti ini. Di masyarakat juga saat ini para psikolog klinis hampir tidak bisa menampung (orang yang mengalami masalah psikologis),” ungkapnya.

Kagama Care Salurkan Bantuan Alat Medis ke Sejumlah Faskes di Bantul

Sementara itu, Ketua Umum Kagama, Ganjar Pranowo juga menyampaikan pandangannya terhadap kondisi saat ini dan kebutuhan pendampingan psikologis.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved