Breaking News:

Jawa

Panen Perdana Padi Rojolele Srinar dan Srinuk Jatuh di Saat Pandemi Virus Corona

Rencananya benih ini akan segera diajukan untuk sertifikasi sehingga bisa segera disiapkan bagi para petani di Kabupaten Klaten.

Dokumentasi Pemkab Klaten
PANEN PERDANA : Varietas unggulan padi Rojolele Srinuk yang ditanam di ATP Humo, Klaten Tengah sudah memasuki panen raya dan panen raya dilakukan secara simbolis oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Rabu pagi (22/4/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.CON, KLATEN - Pada saat pandemi virus Corona upaya Pemerintah Kabupaten Klaten untuk pengembangan varietas padi Rojolele Srinar dan Srinuk kini telah memasuki tahap panen guna keperluan benih.

Varietas unggulan padi Rojolele Srinuk yang ditanam di ATP Humo, Klaten Tengah sudah memasuki panen raya dan panen raya dilakukan secara simbolis oleh Bupati Klaten Sri Mulyani bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Klaten, Rabu pagi (22/4/2020).

Bupati Klaten, Sri Mulyani secara langsung mengawali panen perdana benih Srinuk ini.

Rencananya benih ini akan segera diajukan untuk sertifikasi sehingga bisa segera disiapkan bagi para petani di Kabupaten Klaten.

Bupati Klaten Izinkan Warganya di Perantauan Tetap Mudik, Tapi Ada Syaratnya

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten mengucapkan rasa syukur karena bersama Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten melakukan panen padi varietas Rojolele Srinuk di ATP Humo.

Hasil panen tersebut selanjutnya akan diproses menjadi benih yang nanti kalau sudah ada sertifikatnya akan dibagikan ke kelompok tani dan masyarakat Klaten.  

Dijelaskan, ada sekitar 4 hektar yang dipergunakan oleh Dinas Pertanian untuk keperluan pembibitan padi rojolele Srinar dan Srinuk.

Dengan rincian sebanyak 2,5 hektar untuk padi rojolele Srinuk, dan 1,5 hektar padi rojolele Srinar. 

Panen perdana ini dilakukan untuk varietas Srinuk dengan usia tanaman 120 hari, sementara untuk varietas Srinar direncanakan pada bulan depan akan turut dipanen.

Halaman
12
Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved