Sleman

Ujian Kelulusan untuk SD dan SMP di Sleman Ditiadakan

Keputusan ini diambil berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19 UN

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menyatakan meniadakan UNBK untuk SMP termasuk ujian nasional untuk jenjang SD.

Keputusan ini diambil berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19 UN 2020.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Arif Haryono menjelaskan bahwa sesuai kondisi saat ini, tidak diperbolehkan dilakukan kegiatan yang dapat mengumpulkan banyak orang, maka ujian nasional yang biasanya dipakai untuk menentukan kelulusan siswa ditiadakan.

"Kami juga tidak melakukan ujian nasional yang dikerjakan secara online dari rumah, karena dari sisi obyektivitas bisa saja siswa mendapat bantuan dari orang lain dalam pengerjaannya," terang Arif Senin (20/4/2020).

Ujian Sekolah SMP Digantikan dengan Tes Daring

Maka dari itu, kelulusan untuk jenjang SD ditentukan oleh nilai rapor dari kelas empat sampai kelas lima, ditambah nilai rapor kelas enam semester satu.

Selain itu juga ada nilai portofolio di semester dua kelas enam dan penilaian ujian tengah semester.

Sedangkan untuk SMP, rapor yang digunakan mulai dari semester satu kelas tujuh hingga semester satu kelas sembilan dan bisa ditambahkan nilai dari semester genap kelas sembilan.

Kemudian untuk pengemuman kelulusan yakni pada 5 Juni 2020 untuk SMP dan 18 Juni 2020 untuk SD.

Selain kelulusan, Covid-19 juga menganggu proses kenaikan kelas para siswa, yang rencananya pada 24 Juni 2020.

Jika kondisinya nanti masih tidak memungkinkan, maka ujian penilaian akhir semester ditidakan.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved