Breaking News:

Wabah Corona

Refocusing Anggaran, Hampir Rp 300 Miliar Disiapkan Bantul untuk Tangani Pandemi

Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan pengalihan anggaran atau (refocusing) untuk penanggulangan Coronavirus Disease atau Covid-19.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Bupati Suharsono, didampingi Asisten Bupati bidang perekonomian dan pembangunan, Bambang Guritno, saat menyampaikan keterangan pers 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan pengalihan anggaran atau (refocusing) untuk penanggulangan Coronavirus Disease atau Covid-19.

Anggaran yang disiapkan dari hasil refocusing tersebut, totalnya hampir Rp 300 Miliar.

Anggaran tersebut dipersiapkan untuk aspek kesehatan, sosial dan ekonomi akibat dampak pandemi.

Asisten Bupati Bantul Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Bambang Guritno menyampaikan, refocusing anggaran yang dilakukan pemerintah Kabupaten Bantul diatur sesuai keputusan bersama dari Menteri Keuangan dan Menteri dalam Negeri.

Dimana anggaran belanja barang dan modal yang tidak langsung menyentuh kepada masyarakat, agar dialokasikan untuk penanganan pandemi, paling tidak 50 persen.

41 Ribu Warga Bantul Terdampak Langsung Wabah Covid-19

Termasuk, kata dia, anggaran untuk perjalanan dinas, pengadaan ATK, dana promosi dan pemeliharaan akan dilakukan pengurangan.

Semua anggaran yang dikurangi tersebut, akan dialihkan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Bantul.

Jumlahnya masih akan dilakukan penajaman dengan semua organisasi perangkat daerah (OPD). "Tetapi yang jelas, kita sudah melakukan pengurangan anggaran, hampir Rp 300 miliar," kata Bambang, Selasa (14/4/2020).

Menurut dia, anggaran tersebut akan digunakan untuk bidang kesehatan, Jaring Pengaman sosial dan ekonomi.

Alokasi bidang kesehatan di antaranya untuk mendirikan RS Lapangan Covid-19 di Bambanglipuro, lalu APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved