Update Corona di DI Yogyakarta

Pemda DIY Matangkan 440 Kamar Hotel untuk Karantina PDP

Biwara mengatakan, perlu melakukan perhitungan atau proyeksi baik itu logistik, ketersediaan tempat dan juga masa karantina itu sendiri.

Istimewa
Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Covid -19 DIY Biwara Yuswantana, saat membuka jumpa pers di gedung Pusdalops Jumat (3/4/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ada dua hal yang menjadi pertimbangan Pemda DIY dalam realisasi pengadaan tempat Karantina bagi Pasien Dalam Pengawasan atau PDP.

Dua hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Covid -19 DIY Biwara Yuswantana, saat membuka jumpa pers di gedung Pusdalops Jumat (3/4/2020).

Biwara mengatakan, perlu melakukan perhitungan atau proyeksi baik itu logistik, ketersediaan tempat dan juga masa karantina itu sendiri.

Yang kedua, perlu adanya pengembangan sistem. Dalam hal ini, apakah nanti melibatkan pihak swasta seperti hotal atau yang lainnya.

"Dua hal itu yang kami pertimbangkan. Namun, beberapa hari ini sudah ada hotel yang bersedia untuk digunakan. Semuanya bertempat di Kota Yogyakarta," katanya.

RSUP Dr Sardjito Produksi 300 Faceshield

Pemda DIY juga akan menggandeng akademisi dari UGM.

Nantinya, mereka akan bertugas melakukan kajian terkait berapa kemungkinan jumlah masyarakat yang perlu ditampung dalam katantina.

Fokus Pemda DIY saat ini, lanjut Biwara, lebih pada pembahasan ketersediaan tempat. Baik itu gedung pemerintah mau pun instansi lainnya dan juga swasta.

"Ada beberap opsi yang sudah siap  diantaranya Asrama Haji, Balai Pemuda dan Olahraga DIY, Badan Diklat Gunung Sempu, serta opsi-opsi yang lain. Semuanya sudah kami bahas dan sedang kamj persiapkan," tuturnya.

Nantinya, selain untuk ditempati bagi tenaga medis, tempat-tempat yang ditunjuk juga akan digunakan sebagai ruang karantina bagi warga ODP baik itu masyarakat umum maupun pemudik yang sudah masuk ke wilayah DIY.

PHRI Catat Hanya 10-20 Hotel Bertahan di Kota Yogya dan Sleman saat Pandemi Covid-19

Halaman
12
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved