Awas, Ini Risiko Berbahaya Bila Menyemprotkan Cairan Disinfektan pada Tubuh Manusia

Ada risiko berbahaya dari penyemprotan cairan disinfektan tersebut, terutama apabila disemprotkan ke tubuh manusia.

TRIBUNJOGJA.COM | Mona Kriesdinar
Kegiatan penyemprotan disinfektan di Perum Griya Tamansari II, Petir, Srimartani, Kecamatan Piyungan, Bantul pada Rabu (25/3/2020) 

Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengingatkan risiko bahaya penyemprotan cairan disinfektan pada tubuh manusia. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Penyemprotan cairan disinfektan belakangan marak dilakukan di berbagai wilayah untuk menyeterilkan benda dari virus-virus penyakit.

Terutama pada saat penyebaran wabah virus corona yang merebak di beberapa daerah di Indonesia.

Mulai dari instansi pemerintah, kantor-kantor swasta, bahkan hingga perkampungan dan rumah pun mulai menggalakkan langkah penyemprotan disinfektan.

Namun, ternyata ada risiko berbahaya dari penyemprotan cairan disinfektan tersebut, terutama apabila disemprotkan ke tubuh manusia.

SEMPROT DISINFEKTAN Angota TNI melakukan penyemprotan cairan disinfektan di jalan Pabringan, kawasan Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (26/3/2020) Penyemprotan tersebut merupakan salah satu cara untuk membersihkan kawasan dari penyebaran virus Covid-19 yang tengah merebak saat ini
SEMPROT DISINFEKTAN Angota TNI melakukan penyemprotan cairan disinfektan di jalan Pabringan, kawasan Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (26/3/2020) Penyemprotan tersebut merupakan salah satu cara untuk membersihkan kawasan dari penyebaran virus Covid-19 yang tengah merebak saat ini (TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI)

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Ia mengingatkan bahwa cairan disinfektan tidak boleh disemprotkan ke tubuh manusia.

Menurut Wiku, ada cara lain yang dapat dilakukan jika ingin melakukan sterilisasi diri setelah beraktivitas di luar, tanpa harus menyemprotkan disinfektan ke tubuh.

"Metode pencegahan tersebut dapat diganti dengan selalu mencuci tangan, hindari menyentuh area wajah dan langsung segera mandi ketika sampai di rumah," kata Wiku dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Cegah Covid-19, Sat Brimob Polda DIY Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Sejumlah Warga di Kalurahan Banjarharjo Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri

Setelah itu, baju yang digunakan saat keluar rumah bisa dicuci dengan sabun dan disetrika sambil disemprotkan cairan disinfektan hipokrolit.

Halaman
1234
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved