Gunungkidul

Antisipasi Virus Corona, Komisi D Sarankan Pemkab Gunungkidul Liburkan Sekolah

Perlunya kebijakan libur tersebut lantaran sudah sejalan dengan anjuran dari Presiden dan Mendikbud RI dalam menghadapi COVID-19.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Wakil Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul Ari Siswanto menyarankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengeluarkan kebijakan agar kegiatan sekolah diliburkan sementara waktu.

Ari mengatakan perlunya kebijakan libur tersebut lantaran sudah sejalan dengan anjuran dari Presiden dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI dalam menghadapi COVID-19.

"Saran sudah kami sampaikan dan disetujui Disdikpora, tinggal menunggu perintah dari Bupati," kata Ari dihubungi pada Rabu (18/03/2020).

Menurutnya, kebijakan libur ini lebih baik segera dilakukan sebagai antisipasi dini.

Gandeng Komisi D, Disdikpora Gunungkidul Pantau Kesiapan Sekolah Hadapi COVID-19

Meski belum ditemukan kasus positif COVID-19 di Gunungkidul, antisipasi awal dianggap lebih efektif untuk menekan penyebaran.

Selain itu, berdasarkan dengar pendapat dengan para wali pelajar, mereka lebih merasa tenang jika aktivitas belajar bisa dilakukan dari rumah. 

Hal tersebut diketahui dari proses monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan bersama Disdikpora Gunungkidul.

"Sampai hari ini belum ada edaran agar aktivitas belajar dilakukan dari rumah, padahal wilayah lain sudah melakukan itu," papar Ari.

Kenali Perbedaan Batuk Biasa, Batuk TBC dan Batuk karena Virus Corona

Mengingat saran sudah disetujui Disdikpora Gunungkidul, Ari pun berharap kebijakan tersebut segera dikeluarkan demi menekan terjadinya penyebaran Virus Corona tersebut.

Kabid SD Disdikpora Gunungkidul Sumarto mengatakan berdasarkan hasil monev, sampai saat ini sekolah-sekolah menyatakan masih bisa melaksanakan aktivitas pendidikan seperti biasa.

Mereka pun menyatakan sudah siap dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran COVID-19 tersebut, sesuai instruksi dari Pemda DIY.

"Sampai saat ini pihak sekolah menyatakan belum ada kendala, meskipun sejumlah wali pelajar berharap kegiatan bisa diliburkan sementara waktu. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved