Breaking News:

Pesona Pura Tirta Empul, Mata Air Suci Untuk Melukat

Destinasi wisata di Pulau Dewata yang tak boleh dilewatkan selain desa adat Penglipuran adalah Pura Tirta Empul.

Tribun Jogja/Yudha Kristiawan
Sejumlah wisatawan tengah berendam di Pura Tirta Empul 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Destinasi wisata di Pulau Dewata yang tak boleh dilewatkan selain desa adat Penglipuran adalah Pura Tirta Empul.

Lokasinya berada di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pura ini dikenal dengan air sucinya di mana masyarakat Hindu Bali menjadikan pura ini sebagai salah satu tempat untuk menyucikan diri.

Untuk sampai ke objek wisata ini dari Bandara Internasional Ngurah Rai, bisa ditempuh menggunakan mobil dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam menempuh jarak 55 Kilometer. Lagi lagi redaksi Wigo mengandalkan peta digital untuk sampai ke Pura Tirta Empul.

Selama perjalanan menuju ke objek wisata ini kita akan disuguhi pemandangan khas kehidupan Pulau Bali. Beberapa pura yang letaknya di pinggir jalan menjadi pemandangan lazim. Tak sulit menemukan lokasi Pura Tirta Empul.

Sesampainya di area Pura Tirta Empul, pengelola akan mengarahkan pengunjung menuju pintu masuk utama dengan terlebih dahulu membeli tiket masuk untuk dewasa Rp 30 ribu dan anak anak Rp 25 ribu, berlaku tarif berbeda untuk wisawatan mancanegara.

The Journey of Happiness Ala Perupa Ekwan

Sebelum memasuki sumber mata air di area Pura Tirta Empul, pengunjung diwajibkan mengenakan selembar kain yang dipakai seperti sarung. Setelah itu disediakan loker untuk menyimpan barang bawaan yang perlu disimpan saat pengunjung menghendaki mandi atau berendam di sumber mata air Pura Tirta Empul.

Saat itu jam menunjukkan pukul 09.30 WITA, pengunjung belum terlalu ramai sehingga antrean untuk bisa merasakan air di sumber mata air Pura Tirta Empul masih agak longgar. Redaksi Wigo pun merasakan langsung segarnya air di sumber mata air di Pura Tirta Empul ini.

Sesuai etika yang telah turun temurun diterapkan, pengunjung dianjurkan memulai melakukan aktivitas mandi atau berendam sesaat dengan tujuan menyucikan diri dari pancuran paling ujung sebelah kiri, dari total 14 pancuran yang ada.

Salah satu pengunjung asal Wonosobo, Ando Kasmawan menuturkan, ia kali kedua berkunjung ke Pura Tirta Empul dan selalu menyempatkan diri untuk berdoa di pancuran sumber mata air ini.

Meski berbeda keyakinan dengan mayoritas masyarakat Bali yang memeluk agama Hindu, Ando percaya, air di sini adalah air penuh berkah dari Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki kelebihan tersendiri.

Halaman
123
Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved