Pendidikan

Memorabilia Akmil di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta

Untuk mengenang sejarah perjalanan panjang Akmil, diresmikanlah ruangan memorabilia Akademi Militer di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Memorabilia Akmil di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta
istimewa
Gubernur Akmil Magelang, Mayjend TNI Dudung Abdulrahman (tengah) bersama pengawas dan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Akmil Yogyakarta saat peresmian Memorabilia di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, Sabtu, (22/2/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Siapa sangka lembaga pendidikan yang melahirkan banyak perwira TNI di tanah air yakni Akademi Militer yang saat ini berlokasi di Kota Magelang ini berawal dari Yogyakarta.

Lembaga ini dulunya bernama Militaire Academie (MA) dan ada di Yogyakarta, persisnya di SMA BOPKRI 1 Kotabaru Yogyakarta.

Untuk mengenang sejarah perjalanan panjang Akmil ini, diresmikanlah ruangan memorabilia Akademi Militer di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Gubernur Akmil Magelang, Mayjend TNI Dudung Abdulrahman mengatakan, Yogyakarta memiliki jejak sejarah yang sangat penting bagi lahirnya Akmil Magelang.

Megawati Resmikan Patung Bung Karno di Akmil Magelang

"Dari sini lah kami dilahirkan. Mulai dari kondisi apa adanya dan begitu sederhana. Sebelum akhirnya pindah ke Magelang sampai sekarang," kata Dudung disela peresmian, Sabtu (22/2/2020).

Sedikitnya ada dua ruangan kelas yang disulap menjadi ruang Memorabilia Akmil. 

Memorabilia Akmil ini, bagi Dudung, sangat berguna untuk meneruskan nilai-nilai perjuangan bagi masyarakat, terutama para taruna dan taruni Akmil.

Peresmian ini, juga akan menambah bukti-bukti sejarah, bahwa disinilah dulunya Akmil berdiri dan dibuka oleh Soekarno.

Memoranbilia ini, bagi Dudung bermakna bukan sekadar sebagai bukti sejarah. Tapi juga wujud penghormatan terhadap para senior dan pendahulu dari berdirinya Akmil.

Fasilitas ini, diharapkan juga akan menambah motivasi dan semangat kejuangan bagi masyarakat secara umum dan Taruna Akmil khususnya.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved