Pendidikan

UNY dan Tanoto Foundation Dorong Pengalaman Baru dalam Belajar

Kedua belah pihak telah mulai melatih fasilitator dosen untuk memberikan pengalaman baru dalam belajar kepada mitra sasaran program PINTAR nantinya.

UNY dan Tanoto Foundation Dorong Pengalaman Baru dalam Belajar
istimewa
siswa SDN Deresan sedang melakukan percobaan tentang cahaya melalui program PINTAR yang diinisiasi oleh Tanoto Foundation 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Merdeka belajar yang didengungkan oleh Mendikbud direspon oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Tanoto Foundation melalui kerja sama dalam Program Pengembangan Inovasi untuk Kulitas Pembelajaran (PINTAR).

Kedua belah pihak telah mulai melatih fasilitator dosen untuk memberikan pengalaman baru dalam belajar kepada mitra sasaran program PINTAR nantinya. 

Pengalaman ini diyakini akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan potensi siswa secara utuh. 

Teacher Training Institute Coordinator Tanoto Foundation Dyah Karyati menyampaikan pengalaman nyata dalam belajar akan mengarahkan siswa untuk lebih mudah mengkonstruksikan menjadi sebuah konsep belajar.

7 Wisata Bernuansa Budaya di Jogja Dekat Dengan Kampus UGM dan UNY

"Setelah itu akan melatih mereka untuk menalar, dan berdiskusi dengan temannya. Kemudian mempresentasikan pengalaman baru yang telah dia dapatkan dalam sebuah peta konsep. Terakhir merefleksikannya bersama-sama dengan guru. Proses ini akan mendorong potensi siswa berkembang secara maksimal,” ujarnya Kamis (20/2/2020).

Rasa ingin tahu dan berimajinasi dari pengalaman yang difasilitasi oleh guru di mana kedua hal tersebut merupakan dasar bagi kreativitas akan terpupuk dengan baik bila guru secara konkrit merancang pembelajaran ini dari awal. 

Hal tersebut yang dilatihkan pada para dosen fasilitator dari UNY selama 5 hari untuk mendorong pembelajaran berbasis pada unsur-unsur pembelajaran aktif. 

Selama lima hari, peserta dari FIP, FMIPA dan FBS UNY dilatih fasilitator dari Program PINTAR untuk mengembangkan dan menguatkan keterampilan tersebut. 

Setelah dilatih, diimplementasikan dan dikembangkan dalam perkuliahan yang mereka ampu, fasilitator ini akan melatih sekolah-sekolah sasaran atau mitra dai UNY dan PINTAR. 

Agar memudahkan dalam implementasinya, PINTAR menyebut sebagai unsur pembelajaran aktif MIKiR atau kepanjangan dari Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi. 

Halaman
123
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved