Setelah Operasi Kanker Ginjal, Vidi Aldiano Akui Butuh Waktu Lama Sembuh Dari Kanker

Setelah operasi kanker ginjal, Vidi Aldiano mengaku butuh waktu lama untuk proses penyembuhan penyakitnya. Vidi juga jalani pola makan sehat.

Instagram @vidialdiano
Instagram @vidialdiano, Setelah Operasi Kanker Ginjal, Vidi Aldiano Akui Butuh Waktu Lama untuk Sembuh Dari Kanker 

TRIBUNJOGJA.COM - Penyanyi Vidi Aldiano mengaku melakukan pola hidup sehat setelah pemulihan operasi kanker ginjal. Pada Desember 2019, Vidi mengaku dirinya mengidap kanker ginjal sampai berobat ke rumah sakit Indonesia dan Singapura.

Setelah satu bulan operasi, Vidi mengunggah video vlog dan menjawab pertanyaan dari warganet seputar penyakitnya.

Setelah operasi, penyanyi berusia 29 tahun itu mengaku tidak meminum obat atau menjalani perawatan kesehatan lain.

Vidi menjalani pola hidup sehat seperti menghindari minum kopi, teh dan daging merah. Penyanyi Status Palsu itu mengaku kondisinya makin membaik setelah operasi kanker ginjal.

Awalnya Vidi tak merasa jika dirinya menderita kanker ginjal stadium 3. Sebelum operasi Vidi Aldiano sempat manggung di Singapura.

Instagram @vidialdiano, Vidi Aldiano mengabarkan diirnya didiagnosis kanker ginjal
Instagram @vidialdiano, Vidi Aldiano mengabarkan diirnya didiagnosis kanker ginjal (Instagram @vidialdiano)

Vidi juga belum memastikan apakah kanker yang dideritanya bisa sembuh dan bersih. Menurut dokter, Vidi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk proses penyembuhan kanker.

"Kata dokter, menurut kedokteran, gue bisa dinyatakan lepas dan sembuh total dari cancer, kalau misalkan gue sudah 10 tahun enggak ada muncul lagi cancer-nya," kata Vidi, dalam vlog YouTube Vidi Aldiano mengutip dari Kompas.com, Jumat (14/2/2020).

Setiap tiga bulan sekali, Vidi Aldiano mengaku menjalani cek kesehatan di rumah sakit Singapura. Cek kesehatan ini dilakukan untuk melihat apakah sel kanker masih muncul.

"Gue sekarang tiap tiga bulan sekali harus bolak-balik ke Singapura untuk medical checkup (MCU), make sure agar si cancer-nya enggak balik lagi," kata Vidi.

Bulan Desember 2019, Vidi mengunggah video pendek tentang penyakit kanker ginjal yang diidapnya. Dia mengaku akan menjalani operasi pengangkatan kanker pada ginjalnya.

Halaman
12
Penulis: Dwi Latifatul Fajri
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved