Kota Yogyakarta

Pedagang Pasar Kranggan Gelar Kerja Bakti

Pemkot Yogyakarta berupaya untuk menggalakkan program kebersihan secara mandiri pada sejumlah pasar tradisional di wilayah setempat.

Pedagang Pasar Kranggan Gelar Kerja Bakti
Dok Humas Pemkot Yogyakarta
Sejumlah pedagang saat melakukan kerja bakti di pasar Kranggan pada Selasa (21/1/2020) pagi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemkot Yogyakarta berupaya untuk menggalakkan program kebersihan secara mandiri pada sejumlah pasar tradisional di wilayah setempat.

Selain untuk menjaga kondisi kenyamanan pengunjung, upaya ini juga ditujukan guna menghilangkan stigma kumuh yang kadung melekat di pada pasar tradisional.

Puluhan pedagang di pasar Kranggan tampak berbeda pada Selasa (21/1/2020) pagi.

Para pedagang yang biasa berjualan di sepanjang jalan Poncowinatan pada pagi itu melakukan kerja bakti untuk membersihkan wilayah tersebut.

Momen itu bertepatan dengan hari Selasa Legi dimana para pedagang kerap melakukan aktivitas serupa sejak akhir tahun lalu.

Pedagang di Pasar Kranggan Yogyakarta Turut Keluhkan Naiknya Harga Cabai

Berlangsung sejak matahari mulai menyingsing para pedagang bahu membahu membersihkan area tersebut dengan berbagai macam peralatan.

Menjelang siang, tempat mereka biasa mencari nafkah itu pun tampak lebih sedap dipandang mata.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang ikut serta dalam kegiatan itu mengatakan bahwa, program itu merupakan kegiatan yang timbul dari inisiatif para pedagang.

Selain itu, kegiatan pembersihan juga melibatkan Forkopimka serta paguyuban pasar.

"Dengan kegiatan ini kami harap stigma pasar tradisional yang kumuh bisa hilang karena para pedagang peduli dengan kebersihan pasarnya," kata Heroe dikutip dari keterangannya.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved