Diabetes Adakah Hubungannya dengan Penglihatan Buram?

Apakah riwayat penyakit diabetes berkaitan dengan penglihatan yang mulai buram atau kabur? Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Diabetes Adakah Hubungannya dengan Penglihatan Buram?
www.healthline.com
Ilustrasi cek gula darah. 

TRIBUNJOGJA.COM - Jika tak ditangani dengan benar, penyakit diabetes dapat menyebabkan penyakit metabolik kompleks karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin, tidak cukup produksi, atau tidak dapat digunakan dengan baik.

Insulin ini sangat penting perannya untuk memecah dan mengirim gula ke sel-sel tubuh, karena setiap sel membutukan glukosa (gula).

Pada tubuh penderita diabetes, kadar gula bisa menumpuk dalam darah karena tidak cukup memiliki insulin untuk memecahnya.

Kondisi tersebut dinamakan hiperglikemia. Tidak dapat dibiarkan, hiperglikemia dapat memberi dampak negatif pada tubuh. termasuk mata.

Penglihatan buram sering menjadi satu dari tanda peringatan pertama diabetes. Penglihatan Anda akan buram karena cairan bocor ke lensa mata Anda. Ini membuat lensa mata membengkak dan berubah bentuk. Perubahan itu membuat mata Anda sulit untuk fokus, sehingga segala sesuatunya mulai terlihat kabur.

Ilustrasi memeriksa gula darah.
Ilustrasi memeriksa gula darah. (www.personneltoday.com)

Anda juga mungkin mengalami penglihatan kabur ketika Anda memulai perawatan insulin. Ini karena cairan bergeser, tetapi umumnya sembuh setelah beberapa minggu. 

Tanda glaukoma

Penglihatan kabur juga bisa menjadi gejala glaukoma, penyakit di mana tekanan di mata merusak saraf optik.

Dikutip Tribunjogja.com dari laman Healthline.com, Rabu (15/1/2020), National Eye Institute menyebutkan bahwa Anda yang menderita diabetes, memiliki risiko glaukoma dua kali lebih besar dibanding orang dewasa lain.

Gejala glaukoma di antaranya adalah:

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved