Kesehatan

RSUP Sardjito Siapkan SOP Penanganan Penyakit MERS CoV

RSUP Dr Sardjito menggelar simulasi penanganan penyakit menular Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV)

RSUP Sardjito Siapkan SOP Penanganan Penyakit MERS CoV
Istimewa
RSUP Dr Sardjito menggelar simulasi penanganan penyakit menular Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV) pada Selasa (14/1/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - RSUP Dr Sardjito menggelar simulasi penanganan penyakit menular Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV) pada Selasa (14/1/2020).

Simulasi yang digelar dalam rangka menghindari penyebaran penyakit MERS CoV ini melibatkan sekitar 200 petugas rumah sakit mulai dari dokter, perawat hingga sopir ambulance.

Kepala IGD RSUP Dr Sardjito Handoyo Pramusinto menjelaskan penyakit MERS CoV merupakan virus yang berasal dari Timur Tengah.

Penyakit ini dapat menyebar melalui udara, percikan air, napas dan ludah.

"Kita simulasikan ada dua pasien rujukan dari RS dan satu dari KKP. Kita juga mensimulasikan kalau korban banyak, ruang mana saja bisa ditempati," kata dia.

RSUP Dr Sardjito Akan Pasang Food Box untuk Sediakan Makanan Gratis ke Keluarga Pasien

Memperjuangkan Keilmuan, Sardjito Dikukuhkan Sebagai Pahlawan Nasional

Handoyo menjelaskan pasien yang telah terindikasi virus tersebut harus diisolasi agar virus tersebut tidak menyebar.

"Karena mortalitas tinggi, petugas, atau pasien lain tidak boleh ikut terkena. Saat menangani petugas harus dilindungi dengan alat pelindung diri berupa topi, sarung tangan, masker, baju, yang semuanya sekali pakai," ucap dia.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Darwito menambahkan simulasi penanganan penyakit ini sebagai bentuk kesiapan RSUP Dr Sardjito dalam menangani penyakit MERS CoV.

Sebagai rumah sakit yang telah terakreditasi nasional dan internasional, RSUP Dr Sardjito harus siap untuk menangani hal itu.

"Karena RSUP Dr Sardjito merupakan rumah sakit rujukan di mana Jogja adalah destinasi wisata, sehingga kalau seandainya terjadi, orang yang dari luar negeri, terutama yang dari Timur Tengah terinfeksi MERS CoV kita sebagai rumah sakit rujukan utama milik Kemenkes sudah siap untuk itu," katanya. (Tribunjogja/Noristera Pawestri)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved