Keunikan Rumah Kamera Borobudur, Rumah Berbentuk Kamera Raksasa di Magelang

Keunikan Rumah Kamera Borobudur, Rumah Berbentuk Kamera Raksasa di Magelang

Keunikan Rumah Kamera Borobudur, Rumah Berbentuk Kamera Raksasa di Magelang
Tribun Jogja/Rendika Ferri Kurniawan
Camera House atau Rumah Kamera Borobudur yang berlokasi di Jalan Majaksingi Nomor 8, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, milik seniman, Tanggol Angien Jatikusumo (70) (memakai kemeja krem garis-garis). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ada sebuah rumah dengan arsitektur yang unik dan berbeda dengan rumah-rumah pada umumnya.

Bangunannya persis seperti sebuah kamera. Sekilas saat dilihat dari jauh, rumah ini tampak seperti sebuah kamera raksasa.

Siapa sangka, di dalam rumah ini terdapat galeri seni dengan berbagai macam lukisan, gardu pandang dengan pemandangan Candi Borobudur, pegunungan dan perbukitan yang indah, dan wahana foto tiga dimensi yang seru dan menarik.

Adalah Camera House atau Rumah Kamera Borobudur. Rumah Kamera Borobudur terletak di Jalan Majaksingi Nomor 8, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pemiliknya adalah seorang seniman, Tanggol Angien Jatikusumo (70).

Tanggol adalah seorang pelukis kelahiran Semarang, yang sudah tinggal di Borobudur sejak tahun 2011 lalu. Tepat saat Rumah Kamera Borobudur didirikan.

Ditemui di rumahnya, Tanggol bercerita tentang awal mula dibangunnya Rumah Kamera Borobudur. Rumah Kamera Borobudur mulai dibangun pada tahun 2011 lalu.

Saat itu, ia menghadiri pameran lukis lintas agama atas undangan dari Remy Sylado, seorang pujangga kenamaan.

Tanggol memang sudah lama berkeinginan untuk pindah ke Borobudur. Ia sudah tinggal sekitar 30 tahun lebih di Batam dan merasakan penat akan kawasan industri.

Sebagai seniman, ingin berkonsentrasi melukis. Ia pun memutuskan membeli tanah di Desa Majaksingi seluas 3.800 meter persegi dan mulai membangun Rumah Kamera Borobudur, sebagai tempat tinggalnya.

Halaman
1234
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved