Yogyakarta

Proyek Molor dan Bikin Macet, Underpass Kentungan Diharapkan Selesai di Triwulan Pertama 2020

Proyek yang digarap langsung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR tersebut, sejatinya sudah selesai awal tahun ini.

Proyek Molor dan Bikin Macet, Underpass Kentungan Diharapkan Selesai di Triwulan Pertama 2020
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Komisi C DPRD DIY meninjau proyek Underpass Kentungan Kamis (25/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Kemacetan parah selama lebih dari satu tahun dirasakan oleh masyarakat akibat proyek Underpass Kentungan, Sleman, yang tidak kunjung terselesaikan.

Padahal, targetnya, infrastruktur ini mulai dioperasikan pada Desember 2019 lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji pun mengakui, proyek yang digarap langsung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR tersebut, sejatinya sudah selesai awal tahun ini.

Akan tetapi, sejumlah kendala membuatnya menjadi molor.

"Targetnya kan awal tahun sudah bisa selesai. Tapi, dalam proses pengerjaan ternyata ada hambatan. Ya, kita tentu berharap agar rekanan, atau kontraktor bisa segera menyelesaikan," katanya, Kamis (9/1/2020).

Pengerjaan Underpass Kentungan Dikebut

Aji menjelaskan, cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang yang belakangan melanda DIY dan sekitarnya, memang mengganggu proses pengerjaan.

Ia tidak memungkiri, pengerjaan underpass di tengah kondisi semacam ini, dipastikan semakin berat.

"Bukan perkara mudah, bikin underpass kalau hujan itu susah, tak bisa bekerja jadinya. Tapi, semoga saja ya, infrastrutur untuk pembuangan (air) sudah selesai, sehingga bisa berlanjut," cetusnya.

"Namun, kami pastikan, proyek tetap berjalan sesuai rencana. Apalagi, ke depan underpass kan tidak hanya di situ, jalan-jalan yang padat tentu juga dibutuhkan," imbuh eks kepala Disdikpora DIY itu.

Lebih lanjut, Aji menjelaskan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat terkait pengerjaan underpass sepanjang 900 meter tersebut.

Halaman
123
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved