Kota Yogya

Antisipasi Bencana, Polresta Yogya Siapkan Puluhan Senso hingga Cangkul

Pada musim penghujan, tidak hanya curah hujan yang tinggi, tetapi juga potensi angin kencang.

Antisipasi Bencana, Polresta Yogya Siapkan Puluhan Senso hingga Cangkul
Dokumentasi Polresta Yogyakarta
Polresta Yogyakarta menyiapkan pasukan dan peralatan untuk mendukung penanganan bencana musim hujan dalam Apel Nusa II di Mapolresta Yogyakarta, Kamis (09/01/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM,YOGYA - Polresta Yogyakarta menggelar Apel Nusa II Tahun 2020.

Apel Nusa II tersebut digelar untuk menyikapi curah hujan tinggi yang melanda wilayah Yogyakarta.

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini mengatakan pada musim penghujan, tidak hanya curah hujan yang tinggi, tetapi juga potensi angin kencang.

Dampak dari hujan lebat dan angin kencang adalah pohon tumbang, tanah longsor, dan lain-lain.

Siap Hadapi Bencana, Polda DIY Gelar Apel Kesiapsiagaan

"Kita sudah memasuki musim hujan, yang harus kita waspadai adalah pohon tumbang yang beberapa waktu juga terjadi, dan juga tanah longsor," katanya di Mapolresta Yogyakarta, Kamis (09/01/2020).

"Dalam hal ini (penangan bencana), BPBD yang menjadi leading sector, tetapi kehadiran Polri juga dibutuhkan. Polri merupakan unsur pendukung penanganan bencana, bersama dengan TNI, BMKG, Dinas Kesehatan, dan instansi yang lain," sambungnya.

Ia meminta anggotanya untuk untuk terlibat aktif dalam melakukan mitigasi bencana, baik berupa pemetaan titik rawan hingga sosialisasi kepada masyrakat.

Menurutnya diperlukan sinergitas yang baik antarinstansi, agar penanganan bencana dapat berjalan baik.

Selain menyiagakan personil, Polresta Yogyakarta juga menyiapkan berbagai peralatan yang nantinya dibutuhkan dalam penanganan bencana.

Kamu Wajib Coba! Tiga Tips Super Gampang Membuat Lipstick Tahan Lama

Pihaknya pun telah mengecek kesiapan alat tersebut.

Polresta Yogyakarta telah menyiapkan 30 gergaji senso, 10 cangkul, 15 sekop, tali tambang, rol, 10 genset, juga 10 tenda ukuran 4x6.

Selain peralatan, Polresta Yogyakarta juga menyiapkan kendaraaan dinas, antara lain2 truk, 5 double cabin, 1 ambulans, 10 motor trail, dan 30 mobil sedan.

"Ini menjadi wujud kehadiran Polri sebagai wakil negara. Diharapkan semua anggota tanggap dan quick respon terhadap bencana yang terjadi. Patroli daerah rawan, sosialisasi kepada masyrakat, sebagai bentuk mitigasi bencana," ujarnya.

"Kita juga menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Sehingga jika nanti terjadi bencana, Polri bisa langsung menuju lokasi dengan saran dan prasarana yang mendukung," tambahnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved