Yogyakarta

Siap Hadapi Bencana, Polda DIY Gelar Apel Kesiapsiagaan

Dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, Polda DIY melaksanakan apel kesiapsiagaan penanganan bencana.

Siap Hadapi Bencana, Polda DIY Gelar Apel Kesiapsiagaan
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, Polda DIY melaksanakan apel kesiapsiagaan penanganan bencana di Lapangan Mako Brimob Baciro, Selasa (07/01/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, Polda DIY melaksanakan apel kesiapsiagaan penanganan bencana.

Apel dipimpin oleh Wakapolda DIY, Brigjen Pol Karyoto dan dihadiri oleh beberapa pejabat terkait, diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Basarnas DIY, hingga BMKG DIY.

Wakapolda DIY, Brigjen Pol Karyoto mengatakan, apel tidak hanya untuk menyiapkan personil, tetapi juga peralatan.

Melalui apel kesiapsiagaan, pihaknya memastikan peralatan dalam kondisi baik dan siap digunakan.

Dana Kebencanaan di Kota Yogya masih Minim

"Dengan konsolidasi dengan BPBD DIY dan lainnya, kami siap menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi. TNI dan Polri punya banyak alat yang disiagakan," katanya usai apel di Lapangan Mako Brimob Baciro, Selasa (07/01/2020).

"Apel tidak hanya kita siapkan personil saja, tapi kita lihat alatnya. Kalau di mobil saja, tidak pernah dibuka dan tidak dicek, kita tidak tahu apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Kita siapkan senso dan lain-lain, ketika dibutuhkan bisa langsung digunakan. Makanya harus kita pastikan juga kesiapan alat,"sambungnya.

Ia melanjutkan ada lima mobil milik Polda DIY yang siap mobile,termasuk dengan operatornya yang disiagakan. Pihaknya juga mengoptimalkan anggota Brimob dan Samapta.

Kamu Wajib Coba! Tiga Tips Super Gampang Membuat Lipstick Tahan Lama

Tak hanya itu, Polres jajaran juga diminta untuk ikut siaga.

"Kalau kami kan anggota paling banyak Brimob dan Samapta, staf juga bisa, tetapi itu nanti kekuatan terakhir. Polres kita siapkan satu pleton," lanjutnya.

Wakapolda pun meminta Babinkamtibmas untuk ikut memantau wilayahnya.

Menurut dia, Babinkamtibmas adalah sosok yang paling dekat dengan masyarakat, sehingga peran Babinkamtibmas juga penting. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved