Jawa

Bupati Klaten Lakukan Dialog Bersama Wagub Jateng Sikapi Pertambangan Rakyat

Bupati Klaten, Sri Mulyani, melakukan dialog bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di Kantor Bupati Klaten, Selasa (7/1/2020).

Bupati Klaten Lakukan Dialog Bersama Wagub Jateng Sikapi Pertambangan Rakyat
Dok Pemkab Klaten
Bupati Klaten, Sri Mulyani, melakukan dialog bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di Kantor Bupati Klaten, Selasa (7/1/2020). Dialog tersebut juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Klaten dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten, Sri Mulyani, melakukan dialog bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di Kantor Bupati Klaten, Selasa (7/1/2020).

Dialog tersebut juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Klaten dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan jajarannya pagi ini menyidak 3 lokasi di Kecamatan Kemalang, Klaten yang salah satunya adalah lokasi pertambangan.

Lagi, Bupati Klaten Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

Sidak dilakukan untuk melihat kegiatan pertanian dan perkebunan disana.

Dan dikaji dari Perpres Nomor 70 Tahun 2014 telah diputuskan bahwa Kecamatan Kemalang merupakan kawasan pertanian, perkebunan, perumahan dan pariwisata yang tidak melibatkan pertambangan.

Namun pada saat sidak, ditemukan beberapa kawasan tambang yang perlu disikapi lebih lanjut.

Disini peran pendampingan dan edukasi dari Pemerintah Kabupaten Klaten kepada masyarakat agar tidak melakukan penambangan di area tersebut, mengingat lahan pertanian disana merupakan lahan subur.

Dan untuk penambang yang sebelum adanya Perpres Nomor 70 Tahun 2014 mendapatkan ijin tambang diharapkan untuk mengembalikan dan meninggalkan pekerjaan tambang.

Bupati Klaten Hadiri Perayaan Natal Korpri Klaten 2019

Bupati Klaten, Sri Mulyani, berterimakasih atas datangnya Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah yang melakukan sidak di Kecamatan Kemalang, Klaten.

Bupati menambahkan bahwa kegiatan pertambangan yang ada di Kemalang tersebut memiliki ijin tambang sebelum adanya Perpres Nomor 70 Tahun 2014.

Dan sudah dihimbau untuk mengembalikan ijin tambang tersebut.

Fungsi Pengawasan OPD akan diperketat dan reklamasi penambang akan ditinjau lebih lanjut oleh OPD Lingkungan Hidup dan Kapolres Kabupaten Klaten.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved