Yogyakarta

Bendungan Kamijoro Siap Beroperasi Penuh 2024

Pembangunan bendungan yang dilakukan sejak 2016 telah rampung, Presiden Jokowi diagendakan melakukan peresmian di penghujung tahun ini.

Tribun Jogja/ Amalia Nurul Fanthonaty
Pengunjung menikmati suasana taman Bendung Kamijoro, Kamis (7/2/2019) siang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bendungan Kamijoro, yang terletak di antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo memiliki fungsi utama prasarana pengambilan air baku yang nantinya akan didistribusikan ke dua wilayah tersebut.

Pembangunan bendungan yang dilakukan sejak 2016 telah rampung, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diagendakan melakukan peresmian di penghujung tahun ini, Selasa (31/12/2019).

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bappeda DIY, Aris Prasena menyebut bahwa meski diresmikan, pembangunan bendungan masih harus dilanjutkan hingga 2024 mendatang.

Total anggaran yang masih dibutuhkan hingga air dari Bendungan Kamijoro dapat didistribusikan nanti adalah sekitar Rp 500 miliar.

SPAM Kamijoro Ditaksir Telan Dana hingga Rp 400 Miliar

"Di sana posisinya ada 500 liter per detik. Rencananya dari 500 liter tersebut, sebanyak 300 liter didistribusikan ke Kulonprogo bagian selatan, termasuk untuk kebutuhan bandara dan sekitarnya, dan 200 liter nanti rencananya ke Bantul, termasuk melayani Pajangan dan Sedayu," urainya, kepada Tribunjogja.com, Senin (30/12/2019).

Aris menjelaskan bahwa pembangunan SIstem Penyediaan Air Minum (SPAM) ada di lintas kabupaten yang merupakan kewenangan dari Pemda DIY.

Pihaknya menyusun masterplan serta DED.

Dari sana menjadi acuan lokasi mana saja yang dijadikan bangunan utama dan penunjang. Berdasarkan data tersebut, dilakukan juga pembebasan tanah.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

"Kemudian minta bantuan pemerintah pusat utnuk membangun bendung dan juga fasilitas penyediaan air minum terkait SPAM Kamijoro," urainya.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved