17 Warga Binaan Lapas IIA Kota Magelang Dapat Remisi Natal 2019

Seluruh napi yang mendapatkan remisi telah memenuhi persyaratan pada Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018

17 Warga Binaan Lapas IIA Kota Magelang Dapat Remisi Natal 2019
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG -  17 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Magelang diberikan remisi Natal 2019.

Mereka adalah warga binaan yang beragama nasrani yang mendapatkan remisi khusus.

"Sebanyak 17 orang warga binaan beragama Nasrani telah mendapat remisi khusus Natal dengan masa potongan tahanan berbeda," kata Kasubsi Registrasi Lapas Kelas 2A Kota Magelang, Cahyo Sunarko, Rabu (25/12/2019).

Semula, usulan remisi khusus Natal 2019 kepada warga binaan terdiri dari Remisi Khusus I (RK I) sebanyak 21 orang, dan RK II ada satu orang, tetapi yang disetujui RK I sebanyak 17 orang. 

"Sisanya sudah bebas karena mendapat cuti bersyarat sebelum SK Remisi Khusus Natal 2019 turun,” katanya.

Ia menuturkan, seluruh napi yang mendapatkan remisi telah memenuhi persyaratan pada Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018, yakni berkelakuan baik/tidak terdaftar pelanggaran F, dan telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan. 

"Usulan remisi sudah dilaksanakan dengan sistem online melalui Sistem Data Base Pemasyarakatan. Melalui sistem ini, sehingga dapat diketahui oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun keluarganya. Semua bebas pungutan,” tutur Cahyo.

Rencananya, pemberian remisi akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember bertepatan dgn perayaan Natal di Lapas Kelas IIA.

Selain memberikan remisi, Lapas IIA Kota Magelang juga memberikan jam kunjungan khusus kepada warga binaan beragama nasrani.

Dari data jumlah WBP beragama Nasrani hingga hari ini berjumlah 33 orang, yang terdiri dari narapidana 28 orang, dan tahanan sebanyak lima orang.

“Ada 33 WBP beragama nasrani, diberikan waktu kunjungan khusus hari raya Natal. Kunjungan dimulai pukul 08.30-12.00 WIB,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved