Yogyakarta

Revisi Desain Tol Yogya-Solo Ditargetkan Selesai Minggu Pertama Januari

Selain mengenai garis atau sumbu imajiner yang khawatir ditabrak, ada beberapa pertimbangan perubahan desain itu, antara lain terkait keselamatan lalu

Revisi Desain Tol Yogya-Solo Ditargetkan Selesai Minggu Pertama Januari
Tribunjogja.com | Santo Ari
Jalur Tol Yogyakarta-Solo yang melintas di kawasan Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja,  Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR)  menargetkan desain tol Yogya-Solo yang direvisi menjadi at grade bisa selesai secepatnya. 

 Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Yogya-Solo pun menyebut minggu pertama bulan Januari sudah keluar desain terbarunya.  

"Untuk saat ini,  desainnya belum keluar. Targetnya, mudah-mudahan minggu pertama sudah keluar," ujar PPK Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Yogya-Solo, Totok Wijayanto kepada Tribun Jogja,  Jumat (20/12/2019).

Khawatir Rusak Garis Imajiner, Sultan HB X Telah Usulkan Redesain Jalan Tol Solo-Yogya-Bawen

Totok mengatakan, redesain jalan tol yang sebelumnya elevated (melayang)  di atas ringroad utara inu dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga dan BPJT. 

Totok menyebutkan,  untuk perubahan desain di kawasan Monjali ini akan sepanjang satu hingga dua kilometer. 

"Perhitungan sementara redesain ya sekitar 1- 2 kilometer,  nanti kita lihat desainnya seperti apa. Yang jelas,  ada garis imajiner yang tidak bisa ditabrak ya," urainya.  

Selain mengenai garis atau sumbu imajiner yang khawatir ditabrak, ada beberapa pertimbangan perubahan desain itu, antara lain terkait keselamatan lalu lintas. 

TRASE JALAN Tol Yogyakarta-Bawen-Solo Lintasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

Perubahan desain ini,  kata Totok,  jalan tol akan mulai dibuat menurun pada jarak 1 kilometer dari arah timur dan mulai naik atau melayang lagi pada jarak 1 kilometer ke arah barat. 

Nantinya,  titik turun dan naik ini juga akan disesuaikan dengan perempatan jalan.  

Halaman
123
Penulis: Agung Ismiyanto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved