Jawa

Kunjungi Candi Borobudur, Wishnutama Bahas Rencana Pengembangan Kawasan Borobudur dan Joglosemar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, melakukan kunjungan kerja ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (19/12/2019).

Kunjungi Candi Borobudur, Wishnutama Bahas Rencana Pengembangan Kawasan Borobudur dan Joglosemar
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, melakukan kunjungan kerja ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (19/12/2019), bersama Wakil Menteri, Angela Tanoesoedibjo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, melakukan kunjungan kerja ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (19/12/2019).

Kedatangannya bersama Wakil Menteri, Angela Tanoesoedibjo, untuk membahas rencana pengembangan kawasan Borobudur, juga kawasan Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar) secara umum.

"Kita sedang memikirkan bagaimana mengembangkan kawasan Borobudur ini, termasuk Joglosemar secara umum. Jadi memang baru pertama kali sebagai menteri ke sini. Sebelum menteri, saya cuma berkunjung saja," kata Wishnutama, Kamis (19/12/2019) di sela-sela kunjungan ke Candi Borobudur.

Wisnutama mengatakan, pihaknya tengah memikirkan bagaimana konektivitas, infrastruktur apa yang perlu ditambah, cara mengemasnya, dan bagaimana membuat event-event yang menarik sesuai dengan tema.

Jumlah Wisatawan Candi Borobudur Baru Mencapai 70 Persen dari Target

Pengembangan ini mesti tetap memperhatikan kelestarian, baik kelestarian alam maupun kelestarian candi.

"Kita tengah memikirkan bagaimana konektivitasnya, apa infrastruktur yang perlu ditambah, bagaimana mengemasnya, bagaimana membuat event-event yang menarik dan sesuai dengan temanya. Tetapi juga tetap menjaga kelestariannya. Kelestarian alam, maupun kelestarian candi tersebut," katanya.

Namun demikian, pihaknya masih melihat secara umum, apa yang dapat dikemas dan dikoneksikan satu sama lain. Menurutnya, situasinya cukup kompleks dan bukan lah hal yang sederhana.

"Kita akan melihatnya secara umum dulu, apa yang kita bisa. Apa yang mungkin masih bisa dikemas, dikoneksikan satu sama lain. Kan ini cukup kompleks situasinya," ujar Wisnutama.

Seperti destinasi wisata yang ada di kawasan Borobudur.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved