Kota Magelang

Baznas Kabupaten Malang Berkunjung ke Kota Magelang

Dijelaskan, memang benar adanya bahwa keberadaan Baznas memiliki peran yang sangat strategis

Baznas Kabupaten Malang Berkunjung ke Kota Magelang
Dok humas Pemkot Magelang
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Magelang menerima kunjungan Baznas Kabupaten Malang, Jawa Timur, di Ruang Sidang Lantai 2 Setda Kota Magelang, Rabu (18/12/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Magelang menerima kunjungan Baznas Kabupaten Malang, Jawa Timur, di Ruang Sidang Lantai 2 Setda Kota Magelang, Rabu (18/12/2019). K

mereka diterima Asisten Administrasi Sekda Kota Magelang Taufiq Nurbakin, didampingi Ketua Baznas Kota Magelang Mansyur Siraj dan Kepala OPD terkait.

Ketua Baznas Kabupaten Malang Khoirul Hafidz Fanani, yang memimpin rombongan, mengutarakan kunjungan ini merupakan kunjungan balasan setelah Baznas Kota Magelang berkunjung ke Kabupaten Malang akhir Oktober 2019 lalu.

Baznas Kota Yogya Akan Salurkan Bantuan Kaki Palsu untuk Tukang Becak Difabel

"Ini kunjungan balasan. Kami ingin menjalin silaturahim dan sharing tentang Baznas Kabupaten Malang. Begitu juga kami ingin belajar kepada Baznas Kota Magelang," tutur Khoirul.

Khoirul menyebutkan dalam kurun waktu 2018 ini, Baznas Kabupaten Malang telah menghimpun dana zakat dan infak sebesar Rp 8,5 miliar dan ia memprediksi perolehan tahun ini tidak jauh dari angka tersebut.

"Laporan per November 2019 ini sudah terhimpun Rp 7 miliar, jadi kami perkirakan sampai akhir tahun ini tidak jauh dari perolehan tahun 2018," katanya.

Baznas Kabupaten Malang melingkupi 33 wilayah kecamatan. Lembaga ini memiliki unit pengumpul zakat (UPZ) di dinas-dinas, SMP Negeri, Kantor Kecamatan, termasuk Kementerian Agama setempat yang mampu menyumbang signifikan hingga Rp 70 juta ber bulan.

Baznas Kota Yogya Ajak Warga Salat Istisqo

Khoirul memaparkan, pihaknya memiliki program bedah rumah sebagai program prioritas.

Sepanjang 2019, sebanyak 350 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Malang telah dibantu Baznas yang bekerjasama dengan Dinas Cipta Karya.

"Harapan kami ke depan perolehan akan lebih bagus, meningkat dari segi penanganan dan pendistribusian. Ia juga ingin zakat dan infak dibuat Perda sehingga kuat dari sisi aturan, dan penghimpunan juga semakin meningkat," paparnya.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved