Travel

Kampung Anggur Plumbungan, Destinasi Wisata Edukasi di Bantul

Kampung Anggur Plumbungan Bambanglipuro, Destinasi Wisata Edukasi di Bantul

Kampung Anggur Plumbungan, Destinasi Wisata Edukasi di Bantul
Tribun Jogja/Yudha Kristiawan
Suasana Kampung Anggur di Plumbungan, Sumbermulyo, Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Beberapa pengunjung nampak berfoto di salah satu kebun anggur. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tempat rekreasi saat ini banyak ragamnya. Mulai dari yang menyajikan kuliner khas, pemandangan alam hingga ada yang tak sengaja menjadi destinasi wisata lantaran dianggap menyuguhkan sesuatu yang lain daripada yang lain.

Kampung Anggur contohnya. Meski bukan didesain sebagai sebuah tujuan wisata pada awalnya, kampung yang warganya hampir semua memiliki tanaman anggur di halaman rumahnya ini kini menjadi tujuan rekreasi alternatif.

Kampung ini tepatnya berada di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta.

Akhir pekan kemarin Tribun Jogja mengunjungi kampung ini. Mengandalkan aplikasi peta digital, rute menuju kampung Anggur ini mudah ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.

Matahari hampir terik, waktu menunjukkan pukul 10.30 WIB. Kira kira 500 meter sebelum memasuki kampung ini melalui jalan yang tak begitu lebar di tengah areal persawahan, bila beruntung, pengunjung bakal disuguhi aktivitas petani membajak sawah dengan mesin bajak modern.

Pemandangan menjadi istimewa ketika puluhan burung Kontul berada di kanan kiri petani, nampak bersahabat dengan aktivitas pembajakan sawah.

Meski membajak sawah sudah jarang dilakukan dengan tenaga kerbau, rupanya kebiasaan burung Kontul juga tak berubah dan bisa menerima kehadiran mesin bajak modern.

Ketika Kakak Cemburu Pada Si Adik

Tak berselang lama, sebuah papan nama bertuliskan kampung Anggur terlihat dan sekaligus aplikasi peta digital menunjukkan penanda bahwa tujuan sudah sampai. Kediaman pria bernama Rio Aditya adalah tujuan pertama Tribun Jogja.

Mantan guru Bimbingan Konseling inilah aktor di balik dikenalnya Kampung Anggur hingga ramai dikunjungi wisatawan sampai saat ini. Rio saat ini memanfaatkan seluruh halaman rumahnya yang berukuran kira kira 25 x 10 meter dengan menanam pohon anggur.

Meski matahari bersinar terik waktu itu, memasuki halaman rumah Rio langsung terasa teduh. Pohon anggur diberi penopang baja ringan dan dibiarkan menjalar sehingga membuat halaman rumah Rio rimbun.

Halaman
123
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved