Bantul

Kuota Pendaftar Terpenuhi, Perekrutan Panwascam di Bantul Bisa Berlanjut

Proses perekrutan Panwascam oleh Bawaslu Bantul, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang, akhirnya bisa berlanjut.

Kuota Pendaftar Terpenuhi, Perekrutan Panwascam di Bantul Bisa Berlanjut
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Proses perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bantul, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang, akhirnya bisa berlanjut.

Koordinator Divisi (Kordiv) Organisasi dan SDM Bawaslu Bantul, Nuril Hanafi berujar, setelah melalui proses perpanjangan pendaftaran, tiga kecamatan yang sebelumnya masih sepi peminat, yakni Dlingo, Pajangan dan Piyungan, telah memenuhi syarat.

"Sampai 10 Desember, total di 17 kecamatan ada 128 pendaftar ya. Lalu, tiga kecamatan yang kemarin kita perpanjang sudah terpenuhi. Dlingo ada tujuh orang,  Pajangan sembilan orang, kemudian Piyungan tujuh orang," katanya, Rabu (11/12/2019).

Sepi Peminat di 3 Kecamatan, Bawaslu Bantul Perpanjang Masa Pendaftaran Panwascam

Seperti diberitakan sebelumnya, sesuai pedoman yang ditentukan Bawaslu RI tentang rekrutan Panwascam, batas minimal pendaftar adalah dua kali kebutuhan.

Dengan formasi tiga per kecamatan, maka ada 51 Panwascam yang bakal ditugaskan di Bantul.

Sehingga, dalam proses rekrutan ini, setidaknya di tiap kecamatan harus ada enam pendaftar.

Tapi, sebelum proses perpanjangan, pendaftar di Pajangan, hanya menyentuh angka dua, kemudian di Dlingo empat orang, sementara di Piyungan hanya lima saja.

"Perpanjangan proses pendaftaran calon Panwascam itu kami buka mulai 6-10 Desember lalu dan akhirnya kekurangan di tiga kecamatan terpenuhi," ucapnya.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Lebih lanjut, Nuril pun mengatakan, untuk tahapan berikutnya, para peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi bakal mengikuti rangkaian ujian dan tes tertulis, dengan menerapkan metode online socrative, atau Computer Assisted Test (CAT).

"Pelaksanaannya 13 Desember besok ya, betempat di SMK Negeri 1 Bantul," katanya.

Selanjutnya, seluruh peserta juga wajib mengikuti tes wawancara, yang akan dilaksanakan 14-17 Desember 2019, di Kantor Bawaslu Bantul.

Dirinya berharap, rangkaian proses tersebut, dapat memunculkan Panwascam dengan kualitas yang benar-benar apik.

"Ya, kami berharap, dari penjaringan ini akan terpilih anggota Panwascam yang memang berintegritas dan berkualitas, dalam melaksanakan kinerja pengawasan Pilkada 2020 nanti," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved