Sleman

Taruna Akmil Berikrar di Depan Patung Jenderal Sudirman

Lebih dari 100 Taruna Akademi Militer (Akmil) melakukan ikrar di depan Patung Jenderal Sudirman yang berlokasi di Gamping, Sleman, DIY.

Taruna Akmil Berikrar di Depan Patung Jenderal Sudirman
istimewa
Ikrar Praja Bhakti Taruna Akmil dengan tema 'Internalisasi nilai Sejarah kepada generasi muda melalui Praja Bhakti Taruna Akmil sebagai implementasi program SDM unggul Indonesia maju' dipimpin Gubernur Akmil Dudung Abdurrachman (tengah) dihadapan patung Jenderal Sudirman yang berada di Gamping, Sleman, DIY, Senin (2/12/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Lebih dari 100 Taruna Akademi Militer (Akmil) melakukan ikrar di depan Patung Jenderal Sudirman yang berlokasi di Gamping, Sleman, DIY, Senin (2/12/2019).

Gubernur Akmil Dudung Abdurrachman membeberkan, ikrar ini merupakan kali pertama dilakukan oleh taruna.

Tujuannya tak lain adalah untuk meneladani kepatriotan Jenderal Besar Sudirman.

"Di sini adalah titik awal Jenderal Sudirman menyusun strategi untuk merebut kembali Yogya dan Indonesia, menyikapi dan menyongsong hal itu, semoga dari titik ini Taruna Akmil bisa bangkit semangatnya untuk berlatih keras menghadapi tantangan tugas ke depan," bebernya kepada wartawan.

Pemkot Akan Bangun Monumen Taruna di Lahan Pohon Jati Akmil

Dudung menjelaskan, ikrar Praja Bhakti Taruna Akmil dengan tema 'Internalisasi nilai Sejarah kepada generasi muda melalui Praja Bhakti Taruna Akmil sebagai implementasi program SDM unggul Indonesia maju' ini adalah kali pertama dilakukan dan rencananya akan dilakukan sebagai aktivitas rutin.

Semangat patriotisme Jenderal Sudirman, kata Dudung, diharapkan menjadi contoh dan teladan bagi tiap-tiap taruna maupun taruni.

Tak hanya itu, kepribadian pahlawan besar tersebut juga harus menjadi kepribadian yang dimiliki oleh taruna.

"Berketuhanan, moral yang unggul, semangat pantang menyerah, rela berkorban dan selalu mencintai rakyat merupakan jatidiri seorang tentara yang tak boleh luntur seperti Jenderal Sudirman," paparnya.

Tokoh Intelijen dan Militer Indonesia, Jend Purn TNI AM Hendropriyono yang turut menyaksikan ikrar tersebut menyambut positif ikrar yang dilakukan oleh taruna Akmil.

UNBOXING KULINER: Snack Hits Super Ekonomis di Jogja

Menurutnya ikrar Taruna Akmil yang pertama kali dilakukan dihadapan patung Jenderal Sudirman ini menjadi sebuah penanaman warisan mental perwira sejak mereka masih berada di posisi cikal bakal.

"(Ikrar) ini merupakan satu pijakan kaki untuk maju lebih jauh, lebih tinggi dan lebih martabat bagi para cikal bakal perwira ini dan semoga berhasil menggapai cita-cita sebagai patriot militan bangsa kita," paparnya.

Dalam acara ikrar tersebut turut hadir beberapa tokoh militer diantaranya Brigjen TNI Wirana Prasetya (Wagub Akmil), Brigjen TNI M Zamroni (Danrem 072/Pmk), Dirbin Samapta Polda DIY, Letkol Inf Diantoro S.IP (Dandim 0732/Slm), AKBP Rizky Ferdiansyah,SH,S.IK (Kapolres Sleman) dan beberapa tokoh lainnya.

Acara juga diisi dengan pembacaan puisi serta aksi teatrikal berjudul 'Untukmu Sudirman' oleh para taruna dan taruni Akmil. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved