Jawa

Pemkot Magelang Siap Dukung Penyelenggaraan Pilwalkot Magelang 2020

Pemerintah Kota Magelang menyatakan kesiapannya menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang Tahun 2020 mendatang.

Pemkot Magelang Siap Dukung Penyelenggaraan Pilwalkot Magelang 2020
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Rapat Koordinasi Persiapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang Tahun 2020 antara Pemerintah Kota Magelang dan KPU Kota Magelang di Hotel Atria Kota Magelang, Senin (2/12/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang menyatakan kesiapannya menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang Tahun 2020 mendatang.

Pemkot siap mendukung, baik dari sisi anggaran ataupun dari kesiapan perangkat daerah.

Dari sisi anggaran, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 Kota Magelang resmi ditetapkan oleh Pemerintah Kota Magelang kepada KPU Kota Magelang. Nilainya sebesar Rp 7.277.074.000.

Sekda Tekankan Netralitas ASN pada Pilwalkot Magelang 2020

Sementara dari sisi kesiapan perangkat daerah, seluruh perangkat daerah diinstruksikan untuk mendukung kegiatan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang Tahun 2020 nanti.

"Kami sampaikan kepada perangkat daerah agar mendukung kegiatan Pemilihan Tahun 2020, termasuk pendanaan hibah yang diserahkan, pada 1 Oktober 2019 kemarin, antara Walikota Magelang dan Ketua KPU Kota Magelang," kata Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono, Senin (2/12/2019) diwawancarai seusai rapat koordinasi Persiapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang Tahun 2020 di Hotel Atria Kota Magelang.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto, mengatakan, pihaknya terus membangun koordinasi dengan Pemerintah Kota Magelang terkait Pilkada 2020 mendatang.

Kewajiban pemerintah adalah memberikan fasilitas untuk pemilihan nanti.

Kota Magelang Juara I Indeks Daya Saing Daerah Tingkat Jateng 2019

"Kita membangun koordinasi dengan pemerintah, kewajiban pemda kan untuk fasilitasi pemilihan walikota dan wakil walikota. Di rakor ini kita sampaikan tahapan tahapan, kegiatan-kegiatan, yang mana dalam setiap tahapan dan kegiatan itu yang memerlukan fasilitasi dan koordinasi dari setiap bagian di wilayah Pemkot Magelang, tentunya ada kepala dinas, kepala bagian, camat, lurah, asisten, biar persepsi sama, tujuan ke arah mana biar terjalin," tutur Basmar.

Dukungan anggaran dari pemerintah Kota Magelang sendiri sudah jelas.

Dukungan lain yang diperlukan adalah pembentukan badan penyelenggara seperti PPK, PPS, KPPS.

Dukungan kesekretariatan, tenaga sekretariat yang mesti disiapkan.

"Dukungan sosialisasi itu juga siap. Dukungan nanti untuk kemudahan dalam memenuhi persyaratan untuk badan penyelenggara dan lain," ujar Basmar.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved