Pendidikan

Tim Peneliti UGM Kembangkan Teknologi Radiografi Sinar-X Digital

Tim peneliti UGM yang dipimpin oleh Dr. Gede Bayu Suparta dari Departemen Fisika FMIPA berhasil mengembangkan teknologi radiografi sinar-x digital unt

Tim Peneliti UGM Kembangkan Teknologi Radiografi Sinar-X Digital
IST
Inovasi kembali dilahirkan oleh UGM. Kali ini, tim peneliti UGM yang dipimpin oleh Dr. Gede Bayu Suparta dari Departemen Fisika FMIPA berhasil mengembangkan teknologi radiografi sinar-x digital untuk diagnosa medis. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Inovasi kembali dilahirkan oleh UGM.

Kali ini, tim peneliti UGM yang dipimpin oleh Dr. Gede Bayu Suparta dari Departemen Fisika FMIPA berhasil mengembangkan teknologi radiografi sinar-x digital untuk diagnosa medis.

Gede menerangkan, teknologi radiografi sinar-x digital yang dikembangkan ini menggunakan layar fluoresens dan kamera digital, dan disebut teknologi Radiografi Sinar-x Fluoresens Digital (RSFD).

Sementara kinerja teknologi RSFD setara dengan teknologi Direct Digital Radiography (DDR) yang menggunakan flat detektor atau disebut juga Radiografi Flat Detektor (RFD).

UGM Mewisuda 1.912 Lulusan Sarjana dan Diploma

Menurutnya, fasilitas DDR atau FDR ini sangat diidamkan oleh semua rumah sakit di Indonesia, akan tetapi karena harganya yang relatif mahal maka tidak semua rumah sakit bisa memilikinya.

“Karena harga alat DDR relatif ini sangat mahal, maka tidak semua rumah sakit dapat memiliki. Implikasinya biaya yang harus dibayar pasien menjadi tinggi,” ungkapnya.

Hal tersebutlah yang membuat pihaknya mengembangkan teknologi radiografi sinar-x digital yang diberi nama Madeena (Made in Indonesia)

Menurutnya, dengan adanya alat rontgen buatannya, menjadikan biaya untuk membeli alat ini bisa lebih ditekan sehingga masyarakat yang harus mendapatkan layanan rontgen bisa cepat diambil tindakan.

Selain biayanya relatif terjangkau, kelebihan lain yang dimiliki alat ini yakni bisa diakses real time tanpa harus menunggu cetakan manual film seperti alat rongten konvensional lainnya.

UGM dan Kagama Jalin Kerja Sama dengan Kabupaten Kampar untuk Penguatan Pembangunan Daerah

Adanya dukungan teknologi komputerisasi, Madeena juga bisa diakses dokter tanpa harus berada di lokasi radiologi.

Halaman
123
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved