Yogyakarta

Pemda DIY Dorong Pengurangan Sampah hingga 30 Persen di Tahun 2025

Saat ini volume sampah yang masuk ke TPST Piyungan mencapai 600 ton per hari dan ditargetkan akan berkurang hingga 30 persen di tahun 2025.

Pemda DIY Dorong Pengurangan Sampah hingga 30 Persen di Tahun 2025
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Sejumlah sapi memakan sampah di TPST Piyungan. Dengan skema KPBU, dilahan ini nantinya akan ditata, ditimbun dan dihijaukan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY menyebut terus melakukan upaya untuk mendorong agar ada pengurangan volume sampah di DIY.

Saat ini volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Piyungan mencapai 600 ton per hari dan ditargetkan akan berkurang hingga 30 persen di tahun 2025.

“Kami mendorong terus supaya target pengurangan sampah ini bisa terlaksana. Perkiraan volume sampah saat ini per harinya mencapai 600 ton dan sangat memprihatinkan,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLHK DIY, Yohanes Agus Setiyanto di Gedung DPRD DIY, Selasa (19/11/2019).

Beberapa langkah yang akan dilaksanakan untuk pengurangan sampah ini diantaranya adalah dengan mendorong kabupaten/kota untuk membentuk Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R).

Adanya TPS3R ini diyakini akan menjadi satu di antara pendorong untuk mereduksi sampah hingga 6 persen per tahun.

Viral Tips Jitu Agar Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarangan, Begini Caranya

Adapun terkait dengan nasib TPST Piyungan untuk saat ini pemerintah berupaya “memperpanjang nafas” dengan berbagai modifikasi.

Upaya secara fisik, sebut Agus ini berada di tangan DPUESDM bidang cipta karya.

“Biar umurnya panjang dan masih bisa menampung sampah warga DIY. Harapannya sebelum overload sudah ada konsep baru,” jelasnya.

Meski dalam berbagai keterbatasan, upaya penanganan terus dilaksanakan.

Halaman
123
Penulis: Agung Ismiyanto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved