Kota Yogya

DPRD Kota Yogya Dukung Pemkot Naikkan Anggaran Jamkesda

Jangan sampai premi yang dialokasikan untuk PBI mandeg dan pemerintah menjadi bulan-bulanan oleh masyarakat hingga BPJS kesehatan.

DPRD Kota Yogya Dukung Pemkot Naikkan Anggaran Jamkesda
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Krisnadi Setyawan menyebut, pihaknya akan berusaha untuk memenuhi alokasi anggaran dan memperkuat sistem pengawasan terkait naiknya premi penerima bantuan iuran (PBI) maupun peserta yang dibiayai pemerintah daerah dalam anggaran JKN pada APBD 2020 mendatang.

Dia mengatakan, jangan sampai premi yang dialokasikan untuk PBI mandeg dan pemerintah menjadi bulan-bulanan oleh masyarakat hingga BPJS kesehatan.

Pihaknya juga merasa keberatan dengan sistem pelayanan yang dilakukan oleh BPJS kesehatan akibat tunggakan yang cukup besar di sejumlah Rumah Sakit di Kota Yogya.

"Karena defisit itu ya jadi RSUD yang biasa mandiri sekarang mesti ditopang oleh APBD lagi operasionalnya," jelas dia kepada Tribunjogja.com, Senin (11/11/2019).

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Maka itu, politisi Gerindra tersebut mengatakan pemerintah pusat mesti pasang badan dengan kebijakan yang akan mulai diterapkan pada 2020 mendatang itu.

Selain akan berpotensi untuk menyerap anggaran lebih banyak dari pos yang lain, dia menambahkan, kendala yang cukup menganggu adalah tambahan biaya operasional untuk menanggulangi RSUD akibat tunggakan iuran.

"Kalau hanya membayar premi kan tidak terlalu masalah. Jangan sampai juga ke membayar operasional yang belum dibayar BPJS. Artinya kan kita membayar dua pos yang sebenarnya kurang efektif. Kalau begitu ya mending pakai Jamkesda yang dulu," jelas dia.

Meski begitu, dia meminta sejumlah perusahaan juga mesti tertib membayar premi kepada BPJS.

Pasalnya, dia menuding masih ada perusahaan yang bandel ketika berhubungan dengan premi BPJS.

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pemkot Yogya Naikkan Anggaran Jamkesda pada 2020

Kondisi itu, menurut dia sedikit banyak tentu akan berpengaruh terhadap operasional rumah sakit maupun BPJS itu sendiri.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved