Yogyakarta

500 Prajurit Bregada Kraton Ikuti Atraksi Wisata Budaya Bregada Keprajuritan Kraton Yogyakarta

Acara yang diprakarsai oleh Kraton Yogyakarta dan Dinas Pariwisata DIY ini menyedot banyak perhatian wisatawan.

500 Prajurit Bregada Kraton Ikuti Atraksi Wisata Budaya Bregada Keprajuritan Kraton Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Andreas Desca Budi Gunawan
500 orang bergada Kraton Yogyakarta yang terbagi dalam 10 pasukan bregada, Jumat (8/11/2019) lakukan atraksi wisata budaya bregada Keprajuritan Kraton Yogyakarta di Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - 500 orang bregada Kraton Yogyakarta yang terbagi dalam 10 pasukan bregada, Jumat (8/11/2019) lakukan atraksi wisata budaya bregada Keprajuritan Kraton Yogyakarta di Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta.

Acara yang diprakarsai oleh Kraton Yogyakarta dan Dinas Pariwisata DIY ini menyedot banyak perhatian wisatawan.

Diawali dengan kirab bergada dari sisi Timur Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta, pasukan bregada Lalu berbaris dengan rapi di tengah Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta.

Para bregada pun mengikuti upacara singkat dan dalam upacara tersebut, pasukan bregada juga sempat melayangkan tembakan ke udara sebanyak dua kali.

Festival Bregada Rakyat 2019 Sedot Perhatian Warga Yogyakarta

Dalam sambutan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata DIY Titik Sulistiani menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bentuk peletarian budaya di Yogyakarta.

"Saat ini bregada bukan hanya melakukan pengamanan, namun sudah menjadi salah satu ikon budaya di Yogyakarta," katanya.

Lanjutnya, dengan diselenggarakannya kegiatan ini harapannya bisa lebih menarik Minat wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara untuk lebih lama tinggal di Yogyakarta.

Pada acara ini, Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat juga menghadiri acara atraksi wisata budaya bregada Keprajuritan Kraton Yogyakarta ini.

Dinas Kebudayaan DIY Gelar Festival Bregada Rakyat 2019

Bahkan GBPH Yudhaningrat pun sempat menceritakan sejarah yang telah dilalui oleh prajurit bregada Keraton Yogyakarta pada masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono II.

Seusai melaksanakan upacara, 500 prajurit bregada pun meninggalkan Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta dan acara dilanjutkan dengan Panggung hiburan yang telah dipersiapkan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved