Pendidikan

Adakan Seminar Nasional, ITNY Bahas Tantangan Revolusi Industri bagi Technopreneur

Seminar tersebut diharapkan dapat menjadi dukungan perguruan tinggi untuk Indonesia menghadapi tantangan dan peluang di era revolusi industri 4.0

Adakan Seminar Nasional, ITNY Bahas Tantangan Revolusi Industri bagi Technopreneur
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Senior Vice President (Strategi Management) PT. Timah tbk, Ria Wardhani Pawan memberikan materi terkait Revolusi Industri 4.0 : Peluang dan Tantangan Terkini bagi Technopreneur dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh ITNY, Sabtu (2/11/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) kembali menggelar seminar nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi (ReTII).

Pada seminar yang ke 14 tersebut, ITNY mengangkat tema Revolusi Industri 4.0 : Peluang dan Tantangan Terkini bagi Technopreneur.

Ketua Pelaksana ReTII, Sugiarto mengatakan ReTII merupakan seminar akademik tahunan yang diselenggarakan ITNY.

Seminar nasional diikuti oleh dosen, mahasiswa, hingga peneliti seluruh Indonesia.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

"Revolusi industri 4.0 menjadi topik yang saat ini sedang hot. Maka kami ambil tema ini. Tujuan revolusi industri 4.0 adalah untuk mendorong manufaktur lebih maju, lebih cepat, efisien," katanya di ITNY, Sabtu (2/11/2019).

"Di sisi lain technopreneur adalah wirausaha yang memahami teknologi yang kreatif dan inovatif. Jadi revolusi industri 4.0 telah membuka banyak peluang bagi para technopreneur,"sambungnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II, Marwanto mengungkapkan karakteristik revolusi industri 4.0 bermuara pada terciptanya cyber physical system atau yang dikenal sebagai robotisasi yang banyak digunakan di industri.

"Banyak pekerjaan manusia mulai digantikan dengan mesin.tenaga manusia menjadi komoditas sekunder, karena penggunaan mesin lebih menguntungkan. Jika sudah sampai pada tahap ini, manusia yang harus beradaptasi," ungkapnya.

ITNY Gelar Seminar Internasional Libatkan Ahli Energi dari Taiwan dan Malaysia

Adaptasi, lanjut dia, bisa berupa peningkatan skill terhadap teknologi.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved