Bisnis

Pertamina Resmikan Petani Idaman di Bantul

Program ini melibatkan para pemuda sebagai upaya regenerasi petani dan menarik minat pemuda untuk bekerja di sektor pertanian.

Pertamina Resmikan Petani Idaman di Bantul
istimewa
GKR Hemas ketika meninjau lokasi peluncuran Program CSR Petani Idaman, di Jogja Youth Farming di Sedayu, Bantul, Jumat (1/11/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Tengah dan DIY meluncurkan program CSR Pemuda Inovatif dan Mandiri atau Petani Idaman yang bertempat di kawasan Jogja Youth Farming, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Jumat (1/11/2019).

Kegiatan yang dilakukan guna mendukung nawacita nasional untuk meningkatkan produktivitas dan mewujudkan kemandirian ekonomi tersebut, dihadiri oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan Manager Sales and Distribution Pertamina MOR IV Budi Prasojo .

Fuel Terminal Manager Rewulu, Rahmad Febriadi menjelaskan awalnya kegiatan tersebut diinisiasi oleh Terminal BBM (Fuel Terminal) Rewulu yang menitikberatkan pada sektor pertanian.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Program ini melibatkan para pemuda sebagai upaya regenerasi petani dan menarik minat pemuda untuk bekerja di sektor pertanian.

"Saat ini yang menjadi isu utama pertanian adalah kurangnya minat generasi muda atau milenial untuk meneruskan produktivitas di bidang pertanian kedepan," ungkapnya, di sela-sela kegiatan.

Ia menambahkan, berdasarkan data yang didapat dari berbagai sumber, sekitar 25-31 persen para petani di Indonesia saat ini berusia antara 18-35 tahun, sisanya berusia di atas 35 tahun.

Pertamina Siapkan Depo Satelit di Bandara YIA Kulon Progo

"Dari data itulah kami berinisiatif meningkatkan minat tersebut dengan program Petani Idaman yang akan memfasilitasi Taruna Tani Desa Argomulyo yang beranggotakan 70 pemuda dengan sarana prasarana pertanian terpadu yakni pertanian, perikanan, peternakan dan pengelolaan sampah," ujar Rahmad.

Melalui program CSR, Pertamina fokus dalam empat bidang yaitu lingkungan, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan.

“Program Petani Idaman dengan Jogja Youth Farming sebagai salah satu sarananya akan menjadi media edukasi sekaligus pariwisata sehingga ke depannya kami berharap masyarakat setempat akan menjadi lebih mandiri, generasi muda semakin berminat dalam sektor pertanian dan tujuan peningkatan ekonomi pun tercapai," tutup Rahmad. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved