Tips Membeli Mobil Bekas | Mengenali Ciri Mobil Bekas Banjir dan Bekas Tabrakan

Membeli mobil bekas itu artinya kita harus ekstra jeli dan hati-hati. Tak hanya soal kondisi mesin, tapi riwayat mobil itu sendiri.

Tips Membeli Mobil Bekas | Mengenali Ciri Mobil Bekas Banjir dan Bekas Tabrakan
GridOto.com
ILUSTRASI 

Membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif bagi siapa pun yang ingin memiliki kendaraan roda empat dengan harga yang terjangkau. Namun, membeli mobil bekas itu artinya kita harus ekstra jeli dan hati-hati. Tak hanya soal kondisi mesin, tapi riwayat mobil itu sendiri. Termasuk meneliti apakah mobil itu korban banjir atau bekas tabrakan.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahui ciri-ciri tersebut.

1. Memeriksa surat kendaraan

Pada surat itu tentu ada alamat atau lokasi rumah pemilik sebelumnya. Kita dapat mencari tahu, apakah lokasi tersebut sering mengalami banjir atau tidak.

Kalau ternyata sang penjual merupakan pemilik “tangan kedua” dan belum melakukan balik nama, kita bisa bertanya lebih jauh tentang pemilik sebelumnya.

2. Periksa eksterior dan interior

Sedapat mungkin lakukan pemeriksaan pada seluruh bagian. Jika ditemukan kotoran atau benda seperti daun kering dan sampah plastik di tempat yang tidak wajah seperti ruang mesin, kita patut curiga.

Bagaima mungkin benda-benda tersebut bisa sampai ke sana?

Pada bagian interior, periksa seluruh bagian termasuk rak dan panel-panel di dasbor. Jika memungkinkan, periksa kabel di dalam dasbor.

Kalau tampilan kabel terlihat ada sisa lumpur atau malah terlihat bersih, kita juga patut curiga karena kabel di bagian ini biasanya tampak berdebu.

Halaman
123
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved