BMKG: Suhu Panas Disertai Angin Kencang Terjadi di Selatan Ekuator

Cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia terpantau bersuhu cukup tinggi. Tak hanya suhu udara yang panas, tapi juga disertai angin kencang.

BMKG: Suhu Panas Disertai Angin Kencang Terjadi di Selatan Ekuator
ilustrasi suhu panas 

TRIBUNJOGJA.COM - Cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia terpantau bersuhu cukup tinggi. Tak hanya suhu udara yang panas, kondisi di sejumlah wilayah bahkan disertai angin kencang.

Beberapa daerah yang melaporkan adanya angin kencang di antaranya wilayah Batu, Jawa Timur dan Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kedeputian Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indra Gustari, memberikan penjelasan mengenai terjadinya angin kencang yang melanda sejumlah daerah.

Suhu Panas di Kota Semarang Pecahkan Rekor, Capai 39,4 Derajat Celcius

Indra menyampaikan, penyebabnya antara lain masih terjadinya kondisi kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia.

“Khususnya di selatan ekuator,” kata Indra saat dihubungi, Selasa (22/10/2019) malam.

Selain itu, posisi semu matahari yang berada di atas wilayah Indonesia (sekitar ekuator), menyebabkan intensitas penyinaran matahari menjadi lebih tinggi.

Pemanasan yang kuat, ditambah pengaruh orografi, berpotensi menghasilkan perbedaan tekanan yang cukup tinggi pada skala lokal.

“Hal ini dapat menyebabkan angin kencang,” ujar Indra.

Suhu yang tinggi disertai angin kencang, lanjut Indra, masyarakat wajib waspada terhadap potensi kebakaran karena kondisinya yang kering.

Sementara itu, beberapa wilayah, seperti Jawa, Bali, dan Nusa Tanggara masih mengalami musim kemarau, sehingga perlu antisipasi supplay air bersih.

Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved